Pengertian Subject Pronoun | 7 Penggunaan Subject Pronoun

Subject pronoun dalam bahasa inggris merupakan kata ganti benda yang berada di posisi pelaku aksi(action) di dalam suatu kalimat. 

Pengertian Subject Pronoun Beserta Contoh Kalimatnya
Pengertian Subject Pronoun

Pada materi subject pronoun sendiri masih masuk ke dalam kategori pemula(beginner) di dalam pelajaran bahasa inggris.

Jadii, belajar apa itu subject pronoun gak bakalan buat teman-teman pusing kok. 

Malahan jika teman-teman baru belajar dalam bahasa inggris, maka materi yang satu ini sangat cocok untuk dipelajari pada awal-awal belajar bahasa inggris.

Yuk kita bahas apa itu subject pronoun.

A. Pengertian subject pronoun

Subject pronoun adalah kata yang digunakan untuk menggantikan posisi dari si pelaku(subject) di dalam suatu kalimat, dengan tujuan agar kalimatnya tidak terdapat pelaku yang disebutkan berulang-ulang secara berlebihan sehingga membuat kalimatnya terdengar tidak natural dan terkesan dibuat-buat.

Kata subject pronoun antara lain adalah I, We, You, He, She, It, dan They.

Cara penggunaan dari kata subject pronoun di dalam kalimat bahasa inggris biasanya di dahului dengan kalimat awal yang sudah menyebut subjeknya terlebih dahulu.

Contoh:
  • Anggi has already graduated from senior high school, and now she is going to study at college(Anggi sudah menamatkan pendidikan SMA nya, dan sekarang dia akan segera belajar di perguruan tinggi)

Pada kalimat diatas, kata subject pronoun she menggantikan posisi Anggi sebagai subject di dalam kalimat nya. 

Jika kita tidak menggunakan kata she sebagai pengganti subjek Anggi pada kalimat di atas, maka kalimat akan terdengar tidak lazim serta terkesan tidak natural atau alami.

Dan akan menjadi seperti ini:

  • Anggi has already graduated from senior high school, and now Anggi is going to study in college
Terdapat pengulangan kata Anggi secara berlebihan.

B. Penggunaan dari subject pronoun

Setelah mengetahui apa itu subject pronoun serta macam-macam kata yang digunakan pada subject pronoun. Mari kita bahas satu per satu kata yang ada pada subject pronoun.

1. Penggunan I

Kata i digunakan untuk menggantikan orang yang berjumlah tidak lebih dari satu(tunggal) sebagai subjectnya dalam suatu kalimat. 

Contoh:

  • Angga is my name, and i proud of having such an adorable name(Angga adalah nama saya, dan saya sangat senang memiliki nama yang indah)

2. Penggunaan We

Penggunaan kata we digunakan untuk orang pertama yang berjumlah lebih dari satu orang(jamak). Seperti kata aku dan kata kamu, jika disatukan akan menjadi kata kita :).

Contoh penggunaanya:

  • Shella and i were watching cinema at that night, and then we bought some of drink before we left the cinema(Aku dan Shella sedang menonton bioskop malam itu, dan kami membeli minuman sebelum kami pulang dari bioskop)

3. Penggunaan You

Kata you bisa digunakan untuk merujuk kepada kata kamu(tunggal) yang berarti hanya kamu sendiri. Dan juga bisa ditujukan kepada kamu(jamak) yang berarti kalian.

Penggunaan kata you pun cukup sederhana dalam kalimat bahasa inggris, dan itu pun juga bergantung kepada konteks apa serta berapa banyak orang yang kita bicarakan.

Contoh:

You yang digunakan untuk merujuk kamu(sendiri):

  • You have to school early, so you won’t be late(Kamu harus berangkat kesekolah pagi-pagi, agar kamu tidak terlambat)

Kata you di atas hanya di tujukan kepada satu orang(kamu sendirian).

Kalimat yang menggunakan you untuk merujuk kepada orang banyak atau lebih dari seorang(kalian):

  • You all must have a breakfast before go for a run(Kalian semua harus sarapan pagi sebelum pergi untuk berlari)

4. Penggunaan He

Penggunaan kata he di tujukan kepada dia laki-laki.

Contoh kalimat yang menggunakan kata he dalam kalimat bahasa inggris antara lain:

  • Angga is an adorable person at the work’s place, it cause he can do the work very well(Angga adalah orang yang dikagumi di tempat kerja nya, itu semua karena dia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik)

  • Dandy must works after he come back from school(Dandy harus bekerja setelah dia pulang dari sekolah)

5. Penggunaan She

Penggunaan kata she sama saja dengan penggunaan dari kata he. Namun pada penggunaan dari kata she di gunakan untuk merujuk kepada dia perempuan, dan bukan untuk dia laki-laki.

Contoh kalimat penggunaan kata she:

  • Shella is a Taekwondo athlete, and in the last competition she won the gold medal(Shella adalah seorang atlit Taekwondo, dan pada kompetisi terakhir dia memenangkan medali emas)

  • Sary is a pretty girl, and right now she has a new family(Sary adalah gadis yang cantik, dan sekarang di sudah memiliki keluarga baru)

6. Penggunaan They

Kata they digunakan untuk merujuk kepada orang yang berjumlah lebih dari satu orang. 

Kata they ini dapat pula kita gunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang merupakan bukan manusia atau non-human yang memiliki jumlah lebih dari satu atau jamak.

Contoh kalimatnya:

  • Angga, Rani, and Dwi are best friends since they were in the kindergarden(Angga, Rani dan Dwi adalah teman dekat sejak mereka berada di taman kanak-kanak)

  • Chelsea football club played really well in this season, and now they got to be a new champion of england league(Klub sepakbola Chelsea bermain begitu gemilang pada musim ini, dan sekarang mereka sudah menjadi juara baru di liga Inggris)

7. Penggunan It

Penggunaan dari kata it digunakan untuk menggantikan posisi dari si pelaku aksi(si subject) di dalam kalimat yang bukan merupakan manusia atau non-human yang juga bisa menjadi hewan atau animal.

Jika kalau di ibaratkan di dalam bahasa Indonesia, kata it itu sama saja artinya dengan kata ‘itu’.

Agar lebih jelas, berikut contoh kalimatnya:

  • The dog barked at us, and it still barks till we got away(Anjing itu terus menggongong ke arah kita, dan itu tetap terjadi sampai kita pergi menjauh)

  • This ball is so soft, cause it was made by some of best cotton in the world(Bola ini sangat lah lembut, itu karena terbuat dari katun terbaik di dunia)

Ok. itulah beberapa contoh serta penjelasan singkat dari Subject pronoun di dalam kalimat bahasa inggris.

Kesimpulan:
Subject Pronoun merupakan kata ganti yang menggantikan posisi dari subjek yang terdapat di dalam suatu kalimat. Contoh kata dari subject pronoun antara lain adalah i, we, you, they, she, he, it.

Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian di dalam memahami apa itu subject pronoun dalam bahasa inggris.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih :).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Subject Pronoun | 7 Penggunaan Subject Pronoun"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D