11 Idiom Sports yang Wajib Diketahui Pemula

Idiom sports - Idiom adalah kata yang tidak dapat diartikan secara literal. 

11 Idiom Sports Yang Wajib Pemula Ketahui Dalam Belajar Bahasa Inggris
Idiom Sports

Idiom sports adalah pharse atau kalimat yang digunakan dengan kata-kata yang masih berhubungan dengan olahraga, namun memiliki makna tersendiri dalam penyampaiannya di dalam bahasa inggris. 

Serta tidak dapat di artikan secara kata per kata.

Contoh idiom sporst antara lain adalah:
  1. below the belt 
  2. the ball is in your court 
  3. jump off the deep end 
  4. take it on the chin 
  5. run a mile 
  6. out of your league 
  7. get the ball rolling 
  8. drop the ball 
  9. hat trick 
  10. keep your head above water 
  11. all hands on deck

11 Idiom Sports Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Pemula Ketahui


Berikut penjelasan dari 11 Idiom Sports Di Dalam Bahasa Inggris.

1. Below the belt

Idiom Below the belt berasal dari sports boxing, dan memiliki arti untuk menyatakan sesuatu yang tidak adil telah terjadi. 

Sama hal nya dengan seorang petinju yang jika terkena pukulan di bawah sabuk, maka pukulan itu merupakan suatu pelanggaran. Itulah yang disebut dengan below the belt.

Berikut contoh kalimatnya:

  • They do below the belt to get a winner from their relatives.(Mereka melakukan kecurangan agar pemenangnya berasal dari rekan mereka)


2. The ball is in your court

Idiom the ball is in your court digunakan untuk mendorong seseorang agar mengambil keputusan setelah melalui beberapa perbincangan.

Biasanya idiom ini digunakan ketika terjadi tawar-menawar atau sebuah negoisasi berlangsung untuk mendapatkan hasil dari perbincangan yang telah terjadi.

Contoh kalimat yang menggunakan idiom ini adalah:

  • The price won’t be changed till 15$, now the ball is in your court(Harga ini tidak akan dikurang sampai 15$, sekarang keputusan ada di tanganmu)


3. Jump off the deep end

Idiom jump off the deep end berarti untuk mengatakan kita mengambil suatu keputusan atau suatu tindakan sesegera mungkin. 

Idiom ini digunakan saat seseorang berada di situasi yang cukup tegang, sehingga kita harus mengambil suatu keputusan saat itu juga.

Contoh kalimat yang menggunakan jump off the deep end:

  • After talking about the project, they are all must jump off the deep end(Setelah berdiskusi tentang proyek, mereka semua mengambil keputusan sesegera mungkin)


4. Take it on the chin

Idiom take it on the chin berarti seseorang yang menghadapi suatu masalah atau berita buruk dengan tenang dan tidak gegabah.

Idiom ini digunakan untuk menunjukan situasi yang kurang menyenangkan pada suatu kalimat.

Berikut contoh kalimat yang menggunakan idiom Take it on the chin:

  • Even Andy has already heard about his cousin’s accident, he took it on the chin(Meskipun Andi telah mendengar berita tentang kecelakaan sepupunya, dia tetap tenang akan hal itu)

  • I have a financiall problem this month, but i still took it on the chin(Aku memiliki masalah keuangan pada bulan ini, tapi aku tetap bersikap dewasa)


5. Run a mile

Kata run a mile di atas tidak dapat kita artikan secara literal. Karena yang kita maksudkan disini bukanlah untuk mengatakan berlari sejauh satu mil.

Run a mile di dalam idiom ini berarti seseorang sedang menghindari untuk tidak bertemu dengan orang yang tidak ingin dia temui.

Contoh kalimat yang menggunkaan idiom run a mile antara lain:

  • My father always runs a mile when he meets his cousin accidently(Ayah ku selalu menghindari sepupunya kalau bertemu secara tidak sengaja)

  • Bobby runs a mile, cause the debt collector are chasing him right now(Bobby sedang menghindari seseorang saat ini, karena para debt collector sedang mencari nya)


6. Out of your league

Idiom out of your league memiliki makna bahwa seseorang tidak berada dilevel yang sama dengan kita(seseorang memiliki nilai lebih).

Idiom ini biasanya digunakan ketika seseorang ingin mengencani wanita yang dia sukai, namun si wanita tadi memilki level financial, penampilan, kepintaran yang jauh diatas dari lelaki itu.

Contoh kalimat yang menggunakan idiom Out of your league:

  • Mina never replys Rangga’s chat, cause she is out of Rangga’s league(Mina tidak pernah membalas pesan dari rangga, karena Mina berada di level yang jauh lebih tinggi dari pada Rangga)

  • I am out of your league, so don’t talk to me(Aku berada di level yang jauh lebih tinggi dari pada dirimu, jadi jangan pernah berbicara kepada ku lagi)

7. Get the ball rolling

Idiom ini memiliki makna untuk memulai sesuatu. 

Biasanya idiom ini digunakan pada saat perkumpulan beberapa orang yang bertujuan untuk menghasilkan suatu solusi. 

Contoh kalimat yang menggunakan idiom Get the ball rolling antara lain:

  • This meeting hasn’t started yet, let’s get the ball rolling(Pertemuan ini belum juga dimulai, ayo kita mulai saja)

  • Before the ball rolling, let’s play some classic music for a while(Sebelum acara nya dimulai, mari mainkan musik klasik sebentar)

8. Drop the ball

Idiom yang satu ini digunakan ketika kita sedang kecewa akan hasil dari seseorang. 

Semisal di dalam sebuah kerja sama tim, namun karena ulah dari satu orang yang tidak mau bekerja sama pada akhirnya hasil tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Contoh kalimatnya antara lain:

  • He is so lazy, so everyone is drop the ball to him now(Dia sangat lah malas, sehingga semua orang kecewa kepada nya sekarang)

  • Rangga drop the ball, so now his classmates disappointed cause of him(Rangga telah membuat suatu kesalahan, dan sekarang teman-teman kelasnya kecewa akan itu)

9. Hat trick

Idiom yang satu ini sangat sering kita dengar, terkhususnya untuk para pria yang suka menonton pertandingan sepakbola.

Yaps, benar sekali. Hat trick berarti seseorang telah menggapai tiga pencapaian di dalam satu waktu.

Dan teruntuk sepakbola, jika ada seorang pemain yang menjebol gawang lawan sebanyak 3 kali hanya dalam satu match, maka dia disebut telah melakukan hat trick.

Berikut contoh kalimatnya:

  • Mbape scored hat trick at the final againts Leicester city(Mbape mencetak tiga gol saat final laga melawan Leicester city)

  • Ronaldo will sccored a hat trick on this match if he can make a one more(Ronaldo akan menciptakan hatrick jika dia berhasil menambah satu gol lagi)

10. Keep your head above water

Idiom keep your head above the water digunakan untuk menunjukan seseorang sedang berjuang untuk tetap bertahan secara finansial di dalam pekerjaan.

Contoh kalimat nya adalah:

  • I have some money’s lack this month, so i must keep my head above the water(Saya memiliki beberapa keperluan uang pada bulan ini, jadi saya harus tetap bertahan secara keuangan)

11. All hands on deck

Idiom ini adalah idiom yang digunkan ketika kita ingin mengatakan bahwa semua anggota dari satu tim dibutuhkan untuk kerja sama.

Contoh kalimat yang menggunakan idiom ini adalah sebagai berikut:

  • If we want our team to be the winner, we must put all of our hand on the desk(Jika kita ingin tim kita menjadi juara, kita memerlukan kerja sama tim)

  • When all hands are on the deck, now the Chelsea football club become the champions at UCL(Ketika semua pemain bekerja sama, sekarang klub Chelsea bisa menjadi juara pada UCL final)

Itulah 11 Idiom sports yang wajib diketahui oleh para pemula belajar bahasa inggris yang dapat mimin uraikan pada artikel kali ini. 

Jika dilain kesempatan mimin memiliki waktu luang kembali, maka mimin akan membagikan ataupun mengupdate artikel tentang idiom sports ini.

Soo, itu lah yang dapat mimin sampaikan disini.

Semoga bermanfaat untuk sobat, sekian dan terima kasih :D.

Belum ada Komentar untuk "11 Idiom Sports yang Wajib Diketahui Pemula"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D