Beda Simple Present Tense dan Present Continuous Tense

Pernah kah kalian berpikir tentang apa beda simple present tense dan present continuous tense pada penggunaanya dikalimat bahasa inggris?

Beda simple present tense dan present continuous tense

Bukankah kedua tenses ini sama-sama digunakan untuk menunjukan tentang suatu fakta yang diketahui oleh banyak orang dan merupakan tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kebenaran secara umum.

Bukan kah kedua tenses ini sama-sama kita gunakan untuk menunjukan suatu tindakan yang berulang-ulang terjadi dan sangat sering sekali dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari kita?

Ditambah lagi dengan penggunaan dari kedua tenses ini yang sama-sama ditujukan untuk menyatakan kejadian yang terjadi pada waktu sekarang atau saat ini.

Lalu, apa perbedaan dari kedua tenses ini jika sama-sama memiliki banyak kesamaan waktu dalam penggunaan serta kondisi yang hampir sama dapat di gunakan dalam kalimat bahasa inggris?

Well, dari pusing memikirkan perbedaanya yang sering membuat kita keliru untuk menggunakan kedua tenses ini di dalam kalimat bahasa inggris.

Mari kita lihat dan bahas bersama-sama tentang cara penggunaan serta perbedaan mendasar yang dapat kita pahami di dalam penggunaan kedua tenses simple present dan juga present continuous dalam bahasa inggris.

Sebelum scroll lebih lanjut kebawah untuk membaca penjelasan singkat tentang perbedaan dari kedua tenses ini, ada baiknya jika kalian semua menyiapkan buku kecil sebagai wadah penulisan bagian-bagian yang dianggap perlu untuk dipahami lebih lanjut lagi di waktu mendatang.

Dan mulai lah untuk berdoa sebelum memulai aktifitas apapun pun dan terlebih jika kita ingin memulai belajar agar nanti apa yang kita kerjakan akan di ridhoi oleh Nya :)

Beda simple present tense dan present continuous tense


1. Penggunaan

Present simple tense digunakan untuk membicarakan tentang situasi yang nyata, sering terjadi, aktifitas berulang-ulang dan juga digunakan untuk menyatakan pernyataan yang merupakan suatu fakta.

Contoh:

  • The moon shines its ligth at night(Bulan memancarkan sinarnya pada malam hari)


Present continuous digunakan untuk menjelaskan situasi yang terjadi dalam waktu sementara atau sering terjadi pada waktu yang sementara saja. 

Contoh tenses present continuous ini juga digunakan untuk menyatakan tentang suatu aktifitas yang terjadi secara berulang-ulang pada waktu saat ini saja, tidak merupakan perulangan yang terjadi secara meluas.

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

  • My town is raining today(Kota ku sedang dilanda hujan hari ini)


Present simple digunakan untuk menunjukan kegiatan yang berulang-ulang terjadi secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Contoh:

  • The sun sets in the morning(Matahari terbit pada pagi hari)

  • Moday is the first day of a week(Senin adalah hari pertama di dalam satu pekan)


Present continuous digunakan untuk menyatakan tentang aktifitas yang terjadi secara berulang-ulang pada waktu saat ini saja.

Perhatikan kalimat berikut:

  • Maya is singing at her room(Maya sedang bernyanyi di kamar nya saat ini)

  • I am writting some poem(Aku sedang menulis beberapa pusisi saat ini)


2. Membentuk Kalimat Negative


Untuk membentuk suatu kalimat negative di dalam bahasa inggris pada dasarnya kita hanya perlu menambahakan kata not saja di dalam kalimat tersebut. 

Namun, meskipun terdengar nya simple untuk membuat suatu kalimat negative. 

Kita tetap harus memperhatikan beberapa langkah yang harus kita ambil sebelum membuat suatu kalimat negative di dalam bahasa inggris.

Semua itu dilakukan agar kalimat yang kita tulis benar secara aturan tata bahasa inggris(grammar) serta makna dari apa yang ingin kita sampaikan pun dapat tersirat dengan jelas dalam kalimat yang kita buat.

Mari kita lihat perbedaan dari pembentukan kalimat negative dari kedua tenses ini:

Present simple tense memiliki dua aturan yang dapat digunakan untuk membuat kalimat negative. 

Yang pertama kita dapat menggunakan be(is/ am/ are) sebelum kata not di dalam kalimat, dan yang kedua adalah kita menggunakan do / does not untuk membuat kalimat negative di dalam bahasa inggris. 

Jika di dalam kalimat yang kita gunakan tidak mengandung kata kerja utama(seperti write, walk, talk) maka kita perlu menambahkan be(is/ am/ are) sebelum kata not di dalam kalimat.

Contoh:

  • I am not sick(Aku tidak sakit)

  • She is not a student(Dia bukan lah seorang pelajar)

  • Maya is not a lazy girl(Maya bukan seorang gadis pemalas)


Jika kita menggunakan kata kerja utama(seperti walk, punch, run) maka kita perlua menambahkan kata do / does not untuk menunjukan kalimat negative berbahasa inggris. 

Perhatikan contoh berikut:

  • I do not walk alone(Aku tidak berjalan sendirian)

  • They don’t run today(Mereka tidak lari hari ini)

  • Shinta does not eat yet(Shinta belum makan)

PS: Do untuk I, You, We, They
      Does untuk she, he, it

Present continuous hanya memiliki satu cara pembentukan kalimat negative di dalam bahasa inggris, yaitu hanya dengan menambahkan kata not setelah penggunaan dari be(is / am/ are)

Contoh kalimatnya:

  • I am no talking to you(Aku sedang tidak berbicara dengan mu)

  • She is not listening to her friend(Dia tidak sedang mendengarkan temannya saat ini)

  • Maya is not eating right now(Maya tidak sedang makan saat ini)


Kesimpulan:
Dari tulisan diatas, ada beberapa garis besar yang dapat kita ambil dan simpulkan secara singkat tentang perbedaan antara Simple present tense dan juga Present continuous tense. Present simple tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang berulang-ulang di dalam kehidupan sehari-hari, sendangkan tenses present continuous digunakan untuk menyatakan tentang suatu kejadian yang terjadi secara berulang-ulang pada waktu saat ini saja.

Itulah beberapa perbedaan dari penggunaan tenses simple present tense dan juga present continuous tense yang baru dapat mimin sampaikan ke kalian semua. 

Jika mimin menemukan referensi baru tentang perbedaan dari kedua tenses ini, mimin akan update lagi artikel ini di waktu kedepan.

Untuk kalian semuanya yang pantang menyerah serta memiliki daya juang yang tinggi untuk tetap belajar dan meraih kesuksesan di masa depan, mimin hanya mau menyampaikan bahwa jangan pernah menyerah untuk tetap menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Kerja keras hanya terbayar jika kalian semua selalu belajar dengan giat dan tekun, serta tanpa kenal menyerah ketika kalian gagal dalam suatu tes ataupun perhelatan lomba mengenai bahasa inggris.

Sekian dari mimin, semoga sukses dan wasalam :D.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D
EmoticonEmoticon