Perbedaan "Will" dan "Be Going To" | Kalimat Penggunaan!

2 Perbedaan Will Dan Be Going To Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan will dan be going to

Perbedaan will dan be going to - Dalam belajar bahasa inggris bagi pemula, ada beberapa kata dan juga kalimat yang dapat membingungkan karena memiliki makna yang sama didalam pengunaannya pada kalimat bahasa inggris.

Seperti pada judul artikel kita ini, 2 perbedaan mendasar antara will dan be going to untuk penggunaan kalimat masa depan di bahasa inggris.

Kedua dari kata ini dapat kita gunakan untuk merujuk akan suatu hal yang akan terjadi, telah di rencakan dan telah di prediksi pada waktu yang lalu untuk dikerjakan pada waktu mendatang.

Sebelum pembahasan dari dua perbedaan di dalam penggunaan kata will dan be going to dalam kalimat bahasa inggris, mimin akan bagikan satu quote untuk teman-teman sekalian.

Hampir sama seperti pada pembahasan artikel lainnya di blog Berbagi Ilmu, quote atau kata-kata bijak ini sengaja mimin sampaikan agar teman-teman semakin bersemangat di dalam belajar untuk mengejar cita-cita.

Ini lah quote of the day kita pada blog Berbagi Ilmu ini:

Develop succes from failures. Discouragement and failure are two of the surest stepping stones to succes
~Dale Carnegie

Dapat dimaknakan dalam bahasa Indonesia quote di atas seperti ini “Sukses adalah suatu perkembangan dari kegagalan. Keberanian dan kegagalan adalah dua hal yang pasti dilalui untuk menuju sukses”

Semoga teman-teman termotivasi

Back to the lesson!

A. Perbedaan Will dan Be Going To

Di dalam mengucapkan kalimat untuk menyatakan aktifitas masa depan, ada sutau hal yang kan kita lakukan secara tiba-tiba dan ada juga sutau kegiatan yang akan kita lakukan di waktu mendatang dengan perencanaan yang matang.

Untuk dalam aturan tata bahasa inggris(grammar) telah di atur kata mana yang sebaiknya digunakan pada kondisi tertentu.

Berikut 2 perbedaan mendasar dari penggunaan will dan be going to

1. Plan and Not Plan

a. Be going to

Kalimat masa depan yang telah direncanakan sedarai dulu dan direncanakan secara matang, kita menggunakan kata be going to untuk mengeskpresikannya.

Contoh:

  • I am going to Paris after finishing this exam(Aku akan pergi ke Paris setelah menyelesaikan ujian ini)

  • Shella is going to London after she came back from Bali(Shella akan berangkat ke London setelah ia pulang dari Bali)

  • Maya is going to be a teacher(Maya akan segera menjadi seorang guru)

  • Dinda is going to to take an English course for a few months in comes(Dinda akan mengikuti sebuah kursus bahasa Inggris untuk beberapa bulan mendatang)


Dari semua contoh kalimat diatas, aktifitas yang akan dilakukan pada masa mendatang telah dibicarakan/direncanakan sejak jauh-jauh hari.

Maka pada kondisi seperti ini, kita sebaiknya menggunakan kata be going to untuk menyampaikan tujuan dari kalimat yang sedang kita ucapkan.

b. Will

Penggunaan kata will di dalam bahasa inggris digunakan untuk mengambil keputusan secara tiba-tiba. Kata ini biasa digunakan pada kondisi yang tidak kita pikirkan sebelumnya.

Coba perhatikan beberapa contoh kalimat berikut:

  • This cake looks delicious, i think i will buy it(Kue ini kelihatan begitu lezat, Aku pikir Aku akan membelinya)

  • Shinta is in grandma’s home, and i will be there too(Shinta sedang berada di rumah Nenek, dan aku akan berada disana juga)

  • I will buy some noodles after this party ends(Aku akan memberi beberapa mi instan setelah pesta ini usai)

  • Cause Shinta took an IT major, then she will learn some of programming language in her class room(Karena Shinta mengambil jurusan IT, lalu dia akan belajar beberapa bahasa pemrograman di kelasnya)


Pada 4 contoh kalimat berbahasa inggris diatas, jelas pada suatu aktifitas yang akan dilakukan pada kondisi tersebut belum kita pikirkan sebelumnya.

Jadi pada kondisi ini, kita sebaiknya menggunakan kata will untuk pengucapan kalimat masa yang akan mendatang.

2. Fact and Not Fact

Kalimat yang menyatakan masa depan dapat kita gunakan untuk menyatakan suatu prediksi atau perkiraan apa yang akan terjadi pada waktu mendatang. 

Dari kata be going to dan kata will, kedua kata ini dibedakan cara penggunaanya dalam bahasa inggris.

a. Be going to

Menyatakan prediksi akan apa yang terjadi di waktu mendatang, dengan bukti serta beberapa fakta yang ada pada saat ini. 

Kita menggunakan kata be going to untuk mengekspresikannya.

Perhatikan contoh kalimat di bawah:

  • Look at the cloud, it is going to be raining(Lihat lah ke awan, nampak nya hari akan segera hujan)

  • Maya read some of books before taking that test, i think she is going to pass it so easily right now(Maya telah membaca beberapa buku sebelum pergi ujian, aku pikir dia akan menyelesaikannya dengan mudah)

  • My phone battery is 1% left, and it is going to die for a few seconds(Baterai handphone ku tersisa 1% lagi, dan aku pikir handphone ku akan mati sebentar lagi)

  • Ronaldo is taking the freekick, and he is going to score right now(Ronaldo sedang mengambil tendangan bebas, dan dia akan segera menjebol gawang itu)


Cukup jelas pada beberapa contoh kalimat diatas dengan menggunakan be going to. Ada beberapa fakta beserta bukti-bukti yang kita lihat sebelum kita mengucapkan kalimatnya.

b. Will

Will digunakan untuk membuat prediksi atau suatu perkiraan secara spontan saat itu juga dan tanpa memperhatikan fakta-fakta yang berlaku. 

Kata will memang sering digunakan untuk mengungkapkan keputusan seketika dan dan juga prediksi pada saat itu pula.

Teman-teman dapat perhatikan contoh pada beberapa kalimat di bawah untuk lebih jelasnya lagi:

  • I think our tim will lose easily at this competition(Aku pikir tim kita akan kalah dengan mudah pada kompetisi ini)

  • Shinta will write some of list for what our tim will be needing(Shinta akan menulis beberapa catatan untuk keperluan tim kita nanti)

  • We will buy some fruits at this crowded market(Kami akan membeli beberapa buah di tokoh yang ramai ini)

  • I will delete this game soon(Aku akan segera menghapus permainan ini)


Dengan menggunakan kata will di dalam kalimat bahasa inggris, maka itu tanda bahwa kondisi yang kita miliki pada saat itu adalah untuk mengambil keputusan secara spontan, serta untuk memperkirakan suatu kejadian tanpa melihat-lihat fakta yang berlaku.

Kesimpulan
Terdapat 2 perbedaan mendasar dari penggunaan kata will dan kata be going to dalam kalimat bahasa inggris. Will digunakan untuk memberikan prediksi seketika itu saja, dan untuk memberikan keputusan secara spontan. Sedangkan penggunaan dari be going to digunakan untuk membuat perkiraan yang akan terjadi dengan memperhatikan beberapa fakta yang ada, serta digunakan utnuk membicarakan keputusan yang telah lama direncakan.


Semoga dengan membaca beberapa artikel di blog Berbagi Ilmu yang bertemakan tentang bahasa inggris ini, dapat membantu teman0teman untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar bahasa inggris.

Terima kasih telah meluangkan waktu nya untuk belajar dan salam sukses :D

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan "Will" dan "Be Going To" | Kalimat Penggunaan!"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D