Memahami Past Simple Passive Di Dalam Aturan Tata Bahasa Inggris - Berbagi Ilmu

Memahami Past Simple Passive Di Dalam Aturan Tata Bahasa Inggris

Memahami Past Simple Passive Di Dalam Aturan Tata Bahasa Inggris

Kalimat past simple passive di dalam aturan tata bahasa inggris adalah kalimat yang merujuk lebih kepada akibat dari suatu aksi atau suatu kejadian yang telah usai terjadi di masa lampau. 

Pada kalimat ini tidak memfokuskan apa dan siapa yang menyebabkan suatu kejadian dari kalimat yang ada.

Tidak berbeda begitu jauh dengan pembahasan mengenai kalimat pasif dalam bahasa inggris lainnya, pada kalimat past simple passive juga di bentuk dengan menambahkan be + verb 3 atau past paraticiple.

Untuk penggunaan dari kalimat past simple passive, be yang di gunakan adalah was / were untuk menunjukan kalau kejadian itu telah terjadi pada masa lampau.

Penggunaan was hanya digunakan untuk objek yang berjumlah tunggal, seperti he, she, it, dan i.

Sedangkan untuk yang berjumlah lebih dari satu maka kita menggunakan were, seperti we, they, those people dan masih banyak lagi. Terkhusus untuk kata you, kita menggunakan were setelah penggunaanya.

Untuk lebih mudah dalam mencoba untuk memahami kalimat ini, mari perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

  • I was born in this city (Aku dilahirkan di kota ini)

  • We were pointed by our teacher to stand up and explain for what she had explained(Kami ditunjuk oleh guru untuk berdiri dan menjelaskan tentang apa yang sudah guru kami jelaskan)

  • This company was built before our place become so crowded like right now(Perusahaan ini dibangun sebelum tempat ini menjadi begitu ramai seperti sekarang)

  • Rinda was assigned by her mother to look after some of kids in the kindergarden(Rinda ditugaskan oleh ibunya untuk menjaga beberapa anak-anak pada Taman kanak-kanak itu)


Penggunaan

Di dalam berdialog sehari-hari baik itu formal maupun non-formal, ada beberapa kalimat yang digunakan hanya untuk menyampaikan maksud tertentu di dalam kalimatnya.

Pada penjelasan artikel kali ini, mimin akan berikan bahasan secara singkat saja untuk bagaimana dan kapan waktu yang sering digunakan di dalam menggunakan kalimat past simple passive dalam kalimat bahasa inggris.

Untuk kalimat ini dapat digunakan untuk menyatakan subjek tidak diketahui, tidak ingin menjelaskan subjek, subjek tidak begitu penting, dan untuk berbicara di dalam suasana yang formal.

Berikut penjelasan dan juga contoh singkatnya.

1. Subjek tidak tidak ketahui

Jika di dalam kalimat yang digunakan tidak mengetahui siapa subjeknya atau unknown subject, maka dapat kita gunakan pada tipe kalimat ini.

  • Yumi’s smartphone was stolen when she was in an airport(Smarphone Yumi hilang ketika dia kemarin sedang berada di bandara)

  • My shoes was cleaned while i don't know who cleaned it(Sepatu ku dibersihkan sedangkan aku tidak tahu siapa yang membersihkannya)


2. Tidak menjelaskan subjek

Saat subjek pada kalimat tidak ingin kita jelaskan, maka kita dapat menggunakan kalimat ini.

  • This bag was found in garage in the afternoon of yesterday(Tas ini ditemukan pada garasi sore kemarin)

  • The book was gone last night(Buku itu hilang tadi malam)


3. Subjek tidak penting

Ketika subjek dianggap tidak begitu penting, maka kita dapat menggunakan kalimat inil.

  • A party was held in my house last night(Sebuah acara pesta diadakan di rumah ku tadi malam)

  • This book was sold as many as it’s available(Buku ini dijual sebanyak jumlah buku itu tersedia)


4. Formal talking

Saat berada di dalam kondisi yang formal, kalimat ini dapat juga digunakan untuk itu.

  • The movement of industry 4.0 was discussed in our college yesterday(Gerakan Industri 4.0 di diskusikan pada kampus kami kemarin)

  • This art was shown in an awsome event(Seni ini diperlihatkan pada acara yang mengangumakn itu)


Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu past simple passive, bagaimana cara membentuk kalimat past simple passive, contoh kliamt beserta waktu penggunaan pada kalimat ini.

Kesimpulan
Kalimat past simple passive adalah kalimat yang menekankan pada hasil dari kejadin yang telah usai terjadi di masa lampau, dan cenderung tidak begitu memperduliakan bagaimana proses dari kejadiannya berlangsung.

Semoga dengan membaca artikel di blog Berbagi Ilmu dapat membantu teman-teman untuk lebih memahami serta lebih mengerti lagi dengan penggunaan dari pada materi bahasa inggris di dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin saja pada artikel kali ini pembahasan nya juga tidak begitu lengkap.

Mimin mohon maaf bila ada kata-kata atau pun penjelasannya yang dikiranya susah untuk di mengerti. Sekian dari mimin, semoga waktu nya berkah dan salam sukses :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Past Simple Passive Di Dalam Aturan Tata Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel