Beda "IF" dan "Unless" dalam bahasa Inggris

Beda if dan unless - Penggunaan dari kata if dan juga unless dalam bahasa inggris, memang terkadang sering membuat para pemula yang baru saja belajar bahasa ini menjadi sedikit kebingungan. 

Beda if dan unless dalam bahasa inggris
Beda if dan unless

Pasalnya pada kedua kata ini dari cara penggunaannya sebenarnya hampir sama.

Tapi, meskipun penggunaan dari kedua kata ini hampir sama di dalam suatu kalimat. 

Kamu jangan sampai salah penggunaan loh! Karena jelas saja makna dari kedua kata ini sebenarnya bertolak belakang arti kata nya dari satu sama lain.

Coba deh simak penjelasan singkat dibawah, menganai apa perbedaan if dan unless serta bagaimana cara membedakan dan menggunakan kedua kata ini dalam kalimat bahasa inggris.

Beda "IF" dan "Unless" dalam bahasa Inggris

1. If

If memiliki arti jika, kata ini digunakan pada kalimat yang menunjukan jika akan terjadi suatu aksi setelah aksi lain terjadi lebih dahulu. Kita dapat contohkan dengan situasi “Jika aku mendapatkan nilai yang bagus, ayah ku akan memberikan hadiah istimewa” maka if kita gunakan pada situasi seperti ini.

Dan kalimatnya akan menjadi seperti dibawah ini

  • “If i get a great score, then my father will give me a special gift”

Kalimat ini sebenarnya adalah bagian dari kalimat pengandaian, atau conditional sentence. 

Kalimat pengandaian sendiri merupakan suatu kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan keinginan, ataupun harapan yang kita andai-andaikan akan terjadi.

  • If you don’t be rude at him, i think he will be nice at you(Jika kamu tidak berlaku kasar kepadanya, aku pikir dia akan bersikap baik kepada dirimu)

  • Maya will be the student in a favorite university, if she studies quite much(Maya akan menjadi pelajar di sebuah universitas unggulan, jika dia belajar dengan rajin)

  • Rinda will be at home, if she does not have an additional class(Rinda akan berada dirumah, jika dia tidak memiliki kelas tambahan)

  • They will go to bali, if all the task are already done(Mereka akan pergi ke Bali, jika semua tugasnya telah dikerjakan)

Baca Juga: Apa itu Simple Preposition dan Fungsi nya Dalam Kalimat

2. Unless

Sedangkan kata unless memiliki arti “except not”. Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian tidak akan terjadi, jika kejadian lainnya telah terjadi awal.

Atau sebaliknya, jika suatu kejadian akan terjadi jika saja kejadian lain tidak terjadi lebih dahulu.

Untuk menyingkat dari pengertian kata unless ini, kita dapat mengibaratkan jika kata ini dugunakan untuk menyatkan “jika tidak” ya itu sama saja dengan mengatakan “if not."

  • You will get a bad score, unless you study hard(Kamu akan mendapatkan nilai yang jelek, kecuali kamu belajar dengan giat)

  • I will buy some food unless i have no money left(Aku akan membeli beberapa makanan, kecuali aku tidak memiliki uang yang tersisa)

  • Diyah will be studying at course place, unless she is sick(Diyah akan belajar di tempat kursus, kecuali jika dia sedang sakit)

  • Our team will not win the competition, unless we work together(Tim kami tidak akan memenangi turnamen ini, kecuali kami bekerja bersama)


Lalu apa perbedaannya dalam menggunkan kata unless dan juga if not, jika sama-sama memberikan makna “jika tidak” dalam suatu kalimat?

Dalam penggunaannya kata unless tentu saja lebih mempersingkat kata, dengan hanya memberikan tidak lebih dari satu kata,  yaitu unless itu sendiri. 

Terlebih, penggunaan dari kata unless memang lebih lazim digunakan dalam percakapan bahasa inggris, dari pada menggunakan if not.

  • Unless you ask me, then i will tell you the information(Kecuali kamu bertanya padaku, maka akan ku beritahu informasi itu)

  • They will come at 7 AM, unless there is some problem in the street(Mereka akan datang jam 7 pagi, kecuali ada beberapa masalah ditengah jalan)


Jika kita menggunakan kata if not, maka bentuk kalimatnya akan menjadi seperti ini:

  • If you do not ask me, then i would not tell you the information(Jika kamu tidak bertanya padaku, maka aku tidak akan memberi tahu kamu informasi itu)

  • They will come at 7 AM, if there is not a problem in the street(Mereka akan datang pukul 7 pagi, jika tidak ada kendala di tengah jalan)

Begitu lah penggunaan serta cara membedakan dari kata if, if not dengan kata unless dalam kalimat bahasa inggris.

Kesimpulan
If digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan terjadi jika kejadian lainnya telah terjadi lebih dahulu, sedangkan untuk kata unless digunakan untuk menyatakan jika suatu kejadian akan terjadi hanya jika kejadian lainnya tidak terjadi lebih dahulu, atau sebaliknya jika suatu kejadian tidak akan terjadi jika kejadian lainnya telah terjadi.

Demikian pembahasan singkat mengenai perbedaan IF dan Unless dalam bahasa Inggris. Semoga dengan membaca dan terus berlatih dalam bahasa inggris dapat membantu teman-teman untuk lebih bisa memahami bahasa inggris secara perlahan dan juga benar.

Mimin pamit dan terima kasih telah membaca, salam sukses :D

Belum ada Komentar untuk "Beda "IF" dan "Unless" dalam bahasa Inggris"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D