Pengertian Future Continuous Tense Dan Cara Pembentukan Kalimat Nya - Berbagi Ilmu

Pengertian Future Continuous Tense Dan Cara Pembentukan Kalimat Nya

Pengertian Futuer Continuous Tense Dan Cara Pembentukan Kalimat Nya

Future continuous tense adalah aturan dari pembuatan di dalam kalimat bahasa inggris yang dimaksudkan untuk membicarakan tentang aktifitas ataupun kejadian yang sedang berlangsung pada suatu waktu tertentu di masa depan.

Kalimat dari tense ini di dalam bahasa inggris dapat dibentuk memalui dua cara.

Pertama kita dapat menggunakan kata will untuk membentuk kalimat ini, dan yang kedua kita dapat menggunakan kata going to be untuk membentuk kalimat future continuous tense.

Will

Penggunaan kata will memang identik untuk menyatakan kalimat masa depan. Untuk membentuk kalimat yang menjelaskan kejadian yang akan berlangsung pada suatu waktu tertentu di masa mendatang, pembentukan dari kalimat ini adalah will + be + verb + ing

Mari simak contoh kalimat dibawah:

  • I will be running on this weekend(Aku akan berlari pada akhir pekan ini)

  • Mrs. Shinta will be teaching english in our class room tomorrow(Ibu Shinta akan mengajar bahasa inggris di kelas kami besok)

  • We will be having dinner in Bali next month(Kami akan mengadakan makan malam di Bali bulan depan)

  • Rangga will be travelling to Bandung for the second week of this month(Rangga akan jalan-jalan ke Bandung pada minggu kedua di bulan ini)


Kata will pada penggunaannya untuk kalimat future continuous tense sering digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan.

Seperti “I will be studying hard for preparing this test

Namun dalam penggunaannya pada suatu kalimat berbahasa inggris, kalimat future continuous tense juga dapat digunakan untuk menyatakan kejadian ataupun aktifitas yang akan berlangsung setelah melihat kondisi yang terjadi di waktu sekarang.

  • It is almost 8 AM o’clock, i think he’ll be coming here soon(Sekarang sudah hampir pukul 8 pagi tepat, aku pikir dia akan datang ke sini segera)

  • I have a new video game in my pc, and Rangga will be playing this game with me(Aku memiliki kaset permainan baru di komputer ku, dan Rangga akan memainkan game ini bersama ku nanti)

  • Maya will be talking to the teacher cause she did not get it clearly for what mrs. Sarah had explained(Maya akan berbicara kepada guru karena dia tidak begitu paham tentang apa yang telah Ibu Sarah jelaskan)


Kita juga dapat menambahkan kata “anyway” pada akhir kalimat dari tense ini, untuk memberikan alasan yang akan menguatkan tentang kenapa kejadian ataupun aktifitas yang direncanakan akan berlangsung dan benar-benar akan terjadi.

  • Let’s go with me, cause i will be going to college soon anyway(Mari berangkat bersama ku, karena aku akan bepergian ke kampus sebentar lagi loh)

  • Woah that’s great, we will be visiting the same island anyway(Woah sangat baik, kita akan mengunjungi pulau yang sama dong)

  • Don’t worry, i will be paying for what had broken anyway(Jangan khawatir, aku akan membayar semua yang telah rusak)


Going to

Selain penggunaan dari kata will untuk menunjukan jika kalimat yang sedang kita gunakan adalah kalimat tentang masa depan, kita juga dapat menggunakan kata be going to untuk merujuk jika kita sedang membicarakan sesuatu yang akan terjadi pada waktu mendatang.

Sesuai dengan judul artikel ini, yaitu future continuous tense. Maka kita akan menggunakan kata be going to  untuk menunjukan kalau ini adalah kalimat masa depan, dan menambahkan  “be + verb + ing” untuk menyatakan jika aktifitas yang disebut akan berlangsung pada suatu waktu di masa mendatang.

Pembentukan lengakap nya seperti ini: Subjeck + Be going to + Be + Verb + Ing

Supaya tidak hanya menerka-nerka bagaiman bentuk dari kalimat ini jika menggunakan kata going to be, coba perhatikan beberapa contoh kalimat singkat di bawah ini:

  • She is going to be studying at 7 PM(Dia akan belajar pada pukul 7 malam)

  • We are going to be playing in this football competition next week(Kita akan bermain pada kompetisi sepakbola ini pada minggu depan)

  • I am going to be doing my homework soon(Aku akan segera mengerjakan tugas ku sebentar lagi)

  • Shinta is going to be singing one song in this party(Shinta akan menyanyikan sebuah lagu pada acara ini)


Biasanya penggunaan dari kalimat future continuous tense yang menggunakan “be going to” lebih jarang di temui dalam percakapan sehari-hari yang menggunakan kalimat bahasa inggris.

Hal ini dikarenakan, penggunaan dari will untuk tense future continuous sering ditemui pada percakapan biasa.

Untuk penggunaan dari kata will ataupun be going to be di dalam kalimat future continuous tense, mimin kira keduanya dapat digunakan tanpa harus memperhatikan beberapa kondisi tertentu. Namun pada penggunaan will dapat digunakan dengan memperhatikan beberapa kondisi saat ini, sedangkan penggunaan dari be going to be jarang digunakan untuk memperhatikan kondisi saat ini.

Kesimpulan:
Future continuous tense adalah kalimat yang digunakan untuk menunjukan jika akan ada suatu akfitifas ataupun kejadian yang akan berlangsung pada suatu waktu tertentu di masa yang akan datang. Untuk pembentukannya kita dapat menggunakan kata will be + verb + ing, dan juga dapat digunakan dengan menggunakan kata be + going to + be.

Mimin kira hanya itu saja yang baru dapat mimin jelaskan mengenai materi kita kali ini di blog Berbagi Ilmu. Semoga dengan mengalokasikan dan juga memberikan waktu teman-teman untuk belajar akan membawa berkah baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Salam dari mimin, sampai jumpa dan semoga teman-teman sukses :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Future Continuous Tense Dan Cara Pembentukan Kalimat Nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel