Minggu, 10 November 2019

Pengertian Future Perfect Passive dan Contoh Kalimatnya

Materi future perfect passive - Kalimat future perfect passive adalah kalimat masa depan yang digunakan untuk menyatakan jika suatu kejadian ataupun aktifitas yang akan dilakukan, selesai pada waktu tertentu di masa mendantang.

Future perfect passive dalam bahasa Inggris
Future perfect passive

Kalimat ini adalah kalimat bentuk pasif dari tense future perfect.

  • The meeting will have been started by 9 AM

Pada contoh kalimat pasif dari future perfect diatas menjelaskan jika meeting akan dimulai pada pukul 9 pagi. Kalimat ini menekankan kepada kejadian “dimulai” nya suatu aktifitas atau kejadian yang akan berlangsung pada waktu mendantang.

Contoh dari kalimat ini sebenarnya hampir sama dengan contoh dari kalimat pasif lainnya dalam kalimat bahasa inggris. 

Karena pada dasarnya penggunaan dari suatu kalimat pasif adalah untuk memfokuskan kepada kejadian, bukan kepada siapa-siapa yang ada pada kejadian yang ada pada kalimatnya.

Terdapat beberapa situasi yang sering digunakan untuk mengucapkan jenis kalimat ini.

Biasanya percakapan yang sering digunakan pada aktifitas sehari-hari, kalimat ini digunakan dengan tujuan untuk menyatakan aksi atau kejadian yang akan dimulai, dan mengesampikan kepada para pelakunya.

Coba perhatikan beberapa contoh kalimat nya:

  • The task will have been done by Angga before his father comes back home(Tugas itu akan diselesaikan oleh Angga sebelum ayahnya pulang kerumah)

  • Sarah is a good singer, and she will have been invited in my birthday’s party(Sarah adalah penyanyi yang handal, dan dia akan diundang ke acara ulang tahun ku nanti)

  • The bill will have been given to us after the dinner is finish(Tagihan akan diberikan kepada kita setelah makan malamnya usai)


Untuk lebih mempermudah dalam memahami dengan apa itu future perfect passive, dapat kita ibaratakan dalam bahasa Indonesia jika kalimat ini seperti mengatakan kata “akan  di-“, seperti akan di-kerjakan, akan di-beritahukan, akan di-sampaikan, akan-dilalui dan masih banyak “akan di-“  yang lainnya.

Jika pada suatu ketika kita sedang mengikuti tes CPNS. Lalu setelah selesai mengikuti langkah-langkah yang perlu kita lakukan pada tes CPNS, tentu waktu nya kita akan menunggu hasil dari test kita tadi. 

Maka pada pengumuman ini pun, biasanya kalimat untuk menyatakan pengumumannya sama seperti kalimat dibawah.

  • “Hasil dari tes CPNS hari ini akan segera diumumkan besok pagi”

Nah pada situasi seperti ini dapat kita gunakan untuk membuat kalimat future perfect passive, dan kalimat nya dalam bahasa inggris akan menjadi seperti ini.

  • “The CPNS test’s result of this day will have been announced tommorrow morning”

Begitulah kira-kira penggunaan dari kalimat pasif dari future perfect dalam bahasa inggris, jika ingin kita analogikan dengan kalimat yang ada dalam bahasa Indonesia. 

Dengan memberikan fokus lebih kepada hasil dari apa yang akan terjadi, bukan untuk memberikan fokus kepada siapa yang akan melakukkannya. 

Seperti itulah kalimat pasif digunakan pada kalimat yang akan digunakan.

Kesimpulan
Kalimat future perfect passive adalah kalimat yang digunakan untuk menyatkan suatu kejadian yang akan telah terjadid pada masa mendatang, dngan memberikan lebih banyak perhatian kepada hasil dari kejadin yang akan terjadi tersebut. Bukan pada siapa yang akan melakukkannya.

Semangatlah terus dalam belajar dan menimbah ilmu. 

Dengan belajar yang rajin akan membawa teman-teman untuk menjadi orang yang sukses pada waktu mendatang. 

Mimin rasa hanya itu saja dulu yang dapat dijelaskan mengenai materi kita kali ini.

Sampai jumpa lagi pada pembahasa lainnya pada blog Berbagi Ilmu, blog terbaik untuk belajar bahasa inggris bagi pemula. See you and be succes!

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon