Pengertian Past Perfect Passive dan Contoh Kalimatnya

Pengertian past perfect passive dalam bahasa inggris
Past perfect passive

Kalimat past perfect passive adalah kalimat pasif yang terjadi pada masa lampau dengan menekankan hasil dari kejadian yang terjadi sebelum kejadian lainnya dimulai.

Contoh: 
  • they had been told to not came late!

Pada contoh kalimat diatas mengindikasikan jika mereka “they” telah diberitahu untuk tidak “come late” atau untuk tidak datang terlambat.

Tentu saja pada contoh kalimat diatas, kejadian memberitahu “had been told” telah terjadi lebih dahulu sebelum kejadian “they come late” dimulai, makanya pada kalimat ini masuk ke dalam past perfect passive, dikarenakan kejadian nya telah terjadi sebelum kejadian lain dimulai.

Kalimat bentuk ini sebenarnya adalah bentuk pasif dari kalimat past perfect tense. 

Dengan lebih menekankan keapda apa “hasil” dari aktifitas yang telah dilakukan, dan tanpa begitu mementingkan siapa pelaku dari kejadian tersebut. 

Itulah tujuan dari penggunaan kalimat past perfect passive dalam bahasa inggris.

Jika kamu ingin mengatakan “sampah itu telah dibuang” maka tujuan dan intensitas dari kalimat yang kamu sampaikan itu adalah untuk menekankan jika kejadian sampah telah dibuang, bukan siapa yang telah membuangnya.

Karena pelaku dari aktifitas nya pun tidak begitu dipedulikan untuk dibicara. 

Bahkan kamu tidak menyebut siapa pelaku dari kejadian tersebut pada contoh kalimat “sampah telah dibuang”.

Begitulah tujuan dari penggunaan kalimat pasif.

Coba perhatikan contoh kalimt dibawah:

  • I had cleaned the car(aktif)
  • The car had been cleaned(pasif)


Kalimat 1 pada contoh diatas jelas bertujuan untuk memberikan informasi jika “i” telah melakukan suatu aktifitas berupa membersihkan mobil.

Sedangkan untuk kalimat 2 lebih memfokuskan kepada hasil dari aktifitas dari membersihkan itu sendiri. Dan hasilnya adalah car had been cleaned.

Begitulah perbandingan dari kalimat aktif dan juga pasif pada past perfect tense.

Contoh kalimat past perfect passive


Sebelum berakhirnya penjelasan mengenai salah satu tipe kalimat pasif ini, berikut 4 contoh kalimat singkat dalam penggunaanya di kalimat berbahasa inggris.

  • The mango had been eaten by the monkey(Mangga itu telah dimakan oleh seekor monyet)

  • Sir Alex had been promoted as a chief of police(Pak Alex telah dipromosikan sebagai kepala kepolisian)

  • Rinda had been accepted by WNY Company(Rinda telah diterima pada perusahaan WNY)

  • They had been accused for doing cheating in this tournament(Mereka telah dituduh berbuat curang pada turnamen ini)


Kesimpulan:
Kalimat past perfect passive adalah kalimat yang lebih menekankan kepada hasil dari kejadian yang telah terjadi pada waktu lampau, sebelum kejadian lainnya terjadi. Pada kalimat ini, si pelaku dari kejadian tidak begitu penting untuk disebutkan, bisa saja karena si pelaku tidak diketahui dan lain sebagianya.

Setelah membaca dari artikel ini, semoga teman-teman dapat lebih mudah di dalam mempelajari topik-topik pembahasan bahasa inggris. Dengan tetap semangat belajar akan membawa teman-teman kejalan yang lebih dekat menuju mimpi teman sekalian.

Mimin rasa hanya ini saja yang baru dapat mimi sampaikan, dan bila dilain waktu mimin menemukan referensi baru mengenai topik ini. Maka tidak segan-segan mimin akan update artikel ini.

So, jangan kemana-mana ya. Tetap terus pantengin blog Berbagi Ilmu, blog terbaik untuk belajar bahasa inggris secara mudah dan menyenangkan :)

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Past Perfect Passive dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D