Apa Beda "Study" dan "Learn" dalam Bahasa Inggris?

Beda study dan learn - Learn dan Study merupakan kedua kata dalam bahasa inggris yang diindikasikan untuk menyatakan jika sedang belajar, atau telah mempelajari sesuatu yang ditekuni selama ini. 

Beda study dan learn dalam bahasa inggris
Beda study dan learn

Tapi tahu kah kamu? Jika kedua kata ini nyatanya berbeda loh untuk penggunaannya.

Meskipun keduanya adalah kata yang dapat diganti posisinya satu sama lain dalam percakapan biasa, tetapi tetap saja agar kalimatnya menjadi lebih jelas dan lebih mewakili apa yang sedang diinginkan, maka kita wajib untuk memahami perbedaan dalam penggunaan dari kata Learn dan Study.

Learn berarti to gain knowledge or skill, from practicing or experiencing in getting that knowledge, yang berarti jika learn adalah aktifitas untuk mendapatkan skill serta kemampuan melalui pengalaman, praktek dan juga dengan melihat apa yang telah dipelajari selama ini.

Study berarti to read, memorise, attend school, do a test, which a proses in learing a skill or knowledge, sedangkan study berarti sebagai aktifitas dari proses untuk memahami suatu pelajaran dengan melakukan aktifitas membaca, mengingat, menghapal, menghadiri sekolah dan juga tes untuk menambah ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Apa Itu Adverb of Purpose dan Bagaimana Contoh Kalimatnya?

Jadi dari kedua pengertian diatas dapat kita maknai jika study adalah bagian dari learn, sedangkan learn adalah semacam pengalaman atau pelajaran yang telah kita ambil setelah sesuatu terjadi(experience) atau dari praktik berkala, dan membuat kita memahami suatu pelajaran atau mistakes yang telah dibuat selama sedang mempelajari hal itu.

Beda "study" dan "learn"


1. Learn


Pernah mendengar kata “I learn a new thing everyday!” kata itu berarti jika kita memahami beberapa pelajaran yang telah terjadi di setiap harinya. 

Tidak hanya melalui pelajarannya, tapi memahami dari apa yang terjadi.

Perhatikan dua contoh kalimat singkat dibawah

  • After getting sick so easily, then i learn something that i should not do for avoiding sickness(Setelah sering mengalami sakit dengan begitu muda, akhirnya aku belajar sesuatu yang harus aku lakukan untuk menghindari sakit lagi)

  • I learn how to make a program for about 6 years, that is why right now i get so many offer to work for some company(Aku belajar dalam membuat sebuah program selama 6 tahun, karena itulah aku mendapatkan banyak tawaran untuk bekerja di beberapa perusahaan)


Learn berarti Anda telah memahami apa yang telah terjadi, dan dapat menyimpulkan pelajaran yang telah diraih selama melalui proses belajar, dan akan menggunakan pelajaran itu kedepan agar dapat menjadi lebih baik.

Bisa juga dikatakan bahwa learn adalah ekpresi untuk mengungkapkan pelajaran yang di dapatkan melalui suatu pengalaman yang telah terjadi, kata learn lebih sering ditemuikan untuk mengekspresikan dalam kondisi seperti ini.

Coba kita bayangkan jika ada seseorang bernama Angga, dia adalah seorang pelajar dalam salah satu sekolah menengah ke atas, di dalam suatu ujian semester Angga dengan begitu percaya diri dalam memasuki ruangan ujian. 

Alangkah terkejutnya ketika si Angga membaca beberapa soal yang tertera, dan Angga sama sekali tidak menyangka jika soalnya akan sebegitu sulitnya.

Baca Juga: Pengertian Adverb of Certainty | Fungsi | Contoh Kalimat

Dari kejadian pada hari ujian itu, Angga akhirnya mempelajari sesuatu jika sebaiknya dia tidak untuk meremehkan soal yang akan diujiankan, dan karena telah belajar dari pengalaman sebelumnya, sampai saat ini Angga pun terus berusaha untuk tidak meremehkan ujian, walaupun ujian yang akan diikuti terkesan mudah untuk dikerjakan.

Pada kondisi seperti ini kita dapat menggunakan kata learn

  • I regret for thinking if the test would be easy for me, cause when i come in a test room, i find it so hard to answer it, then from that experience i learn something to not underestimate whatever test it is for me to face in the future(Aku menyesal telah berpikir jika tes nya akan menjadi mudah untuk ku, karena setelah aku masuk ke dalam ruangan tes, aku menemukan bahwa sulit untuk menjawab pertanyaannya, lalu darri pengalaman ini aku mempelajari sesuatu untuk tidak meremehkan tes apapun yang akan aku hadapi lagi nantinya)


2. Study


Sedangkan untuk kata study digunakan untuk proses dalam pembelajaran di jangka waktu yang singkat.

Seperti jika kita akan menghadapi sebuah ujian, maka kita akan belajar, dan pada proses belajar disini kita akan melakukan beberapa aktiftias berupa read, memorise, and attend a place where the test will be held. 

Karena aktifitasnya berupa kegiatan menghapal dan juga membaca adalah bagian dari memahami sesuatu, maka kita gunakan kata study pada kondisi seperti ini.

  • I study English subject for preparing my text in this Monday

Study adalah salah satu bagian dari proses learning. Ketika kita belajar(study) kita akan mencoba untuk memahami apa yang sedang kita pelajari, kita akan mencoba untuk mengingat materi yang kita pelajari untuk test tersebut. 

Dan pada hari test tiba pun, ketika kita sudah menyelesaikan test baru lah kita biasanya mearasa jika di dalam pembelajaran kita ada yang kurang atau terjadi kesalahan dari metode kita belajar, di kondisi ini baru kita dapat katakan bahwa kita learn a mistake that we made before(menjadi pelajaran untuk kedepan).

Perhatikan contoh kalimat singkat dibawah

  • They study math pattern in their class today(Mereka belajar memahami pola matematika dikelasnya)

  • To get high score, then i have to study harder than i do before(Untuk mendapatkan nilai yang tinggi, aku harus belajar lebih giat dari pada yang sudah pernah aku pelajari sebelumnya)


Dari kedua contoh kalimat diatas menjelaskan jika si subjek(they dan i) melakukan proses untuk memahami pelajaran dalam belajar, dengan cara belajar beberapa bagian yang harus mereka pelajari. 

Dari kedua aktifitas tersebut, mereka sudah pasti belum tentu memahami pelajaran yang ada, tetapi mereka sedang melakukan usaha untuk memahamai apa yang sedang dipelajari, dan proses ini lah yang disebut dengan belajar(study).

Untuk lebih dapat memahami lagi perbedaan dari kedua kata ini dapat kita lihat dengan contoh kalimat singkat dibawah

  • I study about Indonesia’s history in my campus today, and after i come back from campus, that i realize if i learn something new in history that i have never known before(Aku belajar mengenai sejarah Indonesia dikampus ku hari ini, dan setelah pulang dari kampu, aku baru menyadari jika aku mempelajari sesuatu baru dalam pelajaran sejarah yang belum pernah aku ketahui sebelumnnya)

Baca Juga: Pengertian Correlative Conjunction | Fungsi 

Jadi study adalah aktiftias dalam belajar, tetapi di dalam belajar itu sendiri kita belum tentu dapat memahami(learning something) dari apa yang telah kita pelajari tadi.

Kesimpulan
Learn digunakan untuk menyatakan suatu pengalaman, pembelajaran dari suatu kejadian, memahami suatu bidang dari apa yang telah dipelajari dan menggunakannya sebagai pegangan untuk mengecilkan kemungkinan dalam membuat kesalahan lagi diwaktu mendatang. 

Sedangkan untuk study adalah untuk mengekspresikan proses dari learning jika kita sedang mencoba untuk memahami suatu materi, membacanya, memingat dan juga menghadiri sebuah pendidikan untuk dapat mempelajarinya lagi.

Lebih singkatnya adalah study adalah bagian dari learn, sedangkan learn adalah hasil yang di dapatkan dari apa yang telah dilalui(pengalaman).

Sekian pembahasan mengenai perbedaan learn vs study dalam bahasa inggris, semoga dengan penjelasan ini teman-teman dapat memahaminya dengan baik dan benar. 

Tetaplah belajar untuk dapat memahami dan juga menguasai materi bahasa inaggris.

Semoga teman-teman semua nantinya akan menjadi orang yang sukses, mimin pamit dan salam sukses.

Belum ada Komentar untuk "Apa Beda "Study" dan "Learn" dalam Bahasa Inggris?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D