Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog Berbagi Ilmu, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

TRANSLATE THIS PAGE INTO YOUR LANGUAGE

Paling Dilihat

8 Tipe Adverb Bahasa Inggris | Pengertian Adverb |

Posting Komentar
Sebagai sebuah pembelajaran yang lengkap pada parts of speech, kita patut pahami apa itu adverb, tipe adverb, atau macam-macam kata keterangan, contoh kalimat dan artiannya dalam bahasa indonesia.

Kacamata yang tergeletak pada sebuah kamus
Kacamata diatas kamus

Dengan adanya makna pada bahasa indonesia akan memudahkan dalam mencoba memahami penggunannya pada bahasa kita sendiri.

Pengertian Adverb

Adverbs adalah kata yang digunakan dalam suatu kalimat bahasa inggris untuk memberikan keterangan lebih terhadap verb, adjective, dan juga pada adverb lainnya. 

Kata keterangan atau adverb ini ditemui pada kalimat yang ingin kita jelaskan secara bagaiman suatu hal itu terjadi? Dan disinilah adverb berperan dalam sebuah kalimat.
"I always do my homework "

Kata always yang terdapat pada contoh kalimat diatas adalah sebuah kata keterangan yang digunakan untuk memberikan deskripsi mengenai info lebih mengenai bagaimana si “i” mengerjakan pekerjaan rumahnya(always selalu melakukan pekerjaan rumah).
Didalam kata keterangan ini sendiri kita juga akan menemui banyaknya adjective yang dimodifikasi dengan tambahan –ly diakhiran kata untuk dijadikan sebagai kata keterangan.

Contoh kalimatnya adalah sebagi berikut

  • They talk really fast(adjective)
  • They talk so fastly(adverb)

Dan meskipun tidak semua kata keterangan berakhiran dengan –ly, akan tetapi kita akan banyak menemui pada bagian ini.

Tipe adverb dalam bahasa inggris

Sebagai salah satu bagian dari parts of speech, kata keterangan juga memiliki tipe. Dari yang mimin rangkum di berbagi sumber referensi, terdapat  8 tipe adverb dalam bahasa inggris.  Kita akan bahas secara sangat singkat, bila ingin lebih dalam klik link dibawah.

1. Adverb of Degree

Sebagai salah satu jenis nya, tipe ini berperan sebagai penjelas kualitas, kondisi, dan keadaan. Tentu dengan peran ini, bisa membuat sebuah kalimat lebih jelas. Terlebih dengan menambahkan informasi jelas distruktur kalimat nya.

Dilihat dari nama nya saja mungkin bisa ditebak. Kira-kira apa yang dimaksud dengan adverb of time? yaitu sebagai kata penjelas dari kapan suatu kejadian itu terjadi. Mudah dipahami kan, dengan melihat nama nya saja kita bisa paham.

Dengan melihat dan membaca tipe ini, nanti kalian akan paham. Baik dari segi pengertain, cara penggunaan, serta contoh kalimat yang dipakai. Karena memang kadang kita perlu contoh juga, tidak cuma sebatas definisi saja.

Tujuan adalah hal penting saat seseorang mau melakukan sesuatu. Disini tidak berbeda dengan adverb of purpose yang memiliki peran sebagai penjelas tujuan kalimat. Memberi keterangan lebih dibeberapa kata yang coba ia jelaskan.
 
Terdapat kata "certainty" yang memberikan makna "keyakinan". Disini maksud nya adalah memberi kejelasan terhadap seberapa yakin kita terhadap suatu hal. Maka, saat kondisi seperti ini kita bisa menggunakan nya dalam kalimat bahasa inggris.

Kata keterangan satu ini bertugas sebagai pemberi keterangan bagaimana suatu hal terajdi. Dengan begini, lawan bicara akan tahu kira-kira kejadian yang diceritakan itu terjadi. Hal ini bisa dipakai pula untuk mendeskripsikan cara suatu hal berakhir.

"Place" yang berarti tempat, dan tipe ini masih berhubungan dengan tempat. Karena memang digunakan sebagai penunjuk lokasi, tempat, atau jarak antar suatu benda. Mudah dipahami, dan sangat sering digunakan.
 
Adverb of frequency merupakan contoh dari kata keterangan yang digunakan untuk menjelaskan seberapa sering suatu hal terjadi. Bisa untuk mengatakan kebiasaan, seperti "I always wake up at 5 AM,"  kata "always" menjelaskan seberapa  sering aktifitas "wake up at 5 AM" terjadi.

Contoh kalimat menggunakan adverb

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa adverb juga dapat digunakan untuk memberikan keterangan mengenai waktu dari apa yang dilakukan, seperti always, seldom, often, sometimes dan lain-lain.

  • Angga seldom does his homework(Angga jarang mengerjakan pekerjaan rumahnya)

  • They sometimes play football in the afternoon(Mereka kadang-kadang bermain sepakbola disore hari)

  • Maya often comes to a party(Maya sering datang kesebuah pesta)

  • Rangga rarely eat noodle(Rangga jarang makan mie)

Dengan menambahkan adverb pada suatu kalimat memang dapat memberikan penjelasan lebih mengenai sautu hal berlangsung dari pada dengan kalimat yang tidak menggunkan adverb.
Meski demikian, seorang jurnalis terkenal asal Amerika bernama Ernest Hemingway seperti pada kutipan laman Gramarly mengatakan bahwa ia adalah seorang penulis handal yang menyarakan untuk tidak menggunakan adverb, dan cenderung tidak menyukai adverb.

Dengan tujuan agar mendapatkan hasil tulisan yang lebih baik, disarankan untuk mencari adjective atau verb yang dapat menggantikan posisi dari adverb supaya mendapatkan hasil tulisan yang bagus.

Kesimpulan

Adverb adalah kata yang digunakan untuk memberikan tambahan keterangan pada verb, adjective, adverb lainnya dan bahkan suatu kalimat secara utuh dengan memberikan keterangan lebih saat menggunkannya.

Pembahasan adverb dalam bahasa inggris untuk kali ini hanya sampai disini, semoga teman-teman semuanya dapat memahami dengan mudah. Sekian dari mimin, dan salam sukses.

Related Posts

Posting Komentar