Sabtu, 25 Januari 2020

Apa itu Adjective? Bagaimana Cara Menggunakannya.

Penjelasan Adjective – Adjective menurut lansiran dari laman Cambridge Dictionary adalah “a word that describes a noun or pronoun,” jadi kata ini secara keseluruhan adalah kata yang digunakan untuk memberikan keterangan pada noun dan pronoun sehingga menghasilkan makna yang lebih jelas.

dua mangkok buah yang segar
dua mangkok buah yang segar


Dengan adanya adjective tentu menambah makna serta kedetailan dari noun itu sendiri. Karena kata ini memberikan deskripsi secara langsung pada kata benda yang dimaksudkan untuk diterangkan.

Karena pada artikel ini sengaja dibuat untuk memperudah para pemula belajar bahasa inggris, maka mimin akan berikan penjelasan serta jenis dan juga contoh yang singkat saja, agar teman-teman dapat memahaminya dengan baik dan benar serta tidak membuat frustasi.

Di dalam adjective ada beberapa bagian yang perlu diketahui, seperti untuk mendeskripsikan jumlah dari nounnya, maka kita dapat menggunakan article dan demonstrative adjective.

Article

Pada article biasanya diberikan kepada benda yang berjumlah tunggal, dan tidak memiliki jumlah yang banyak. Dan terdapat beberapa aturan dari penggunaan article A/An dan The dalam bahasa Inggirs.

Perhatikan contoh kalimat ini:

  • Shinta has a book(Shinta memiliki sebuah buku)

  • Shinta has an hour to study(Shinta memiliki satu jam untuk belajar)

Sedangkan untuk penggunaan “the” digunakan pada benda(noun) yang sudah diketahui secara spesifik mengenai benda yang sedang dibicarakan.

  • Shinta has the book(Shinta memiliki buku itu)

Demonstrative adjective

Desmonstrative adjective juga digunakan untuk memberikan keterangan secara mendetail tentang jumlah dari benda yang sedang dibicarakan. Kata yang termasuk kedalam demosntrative adjective antara lain adalah these, those, this dan that.

Perhatikan contoh kalimat dibawah:

  • These books are on sale(Buku-buku ini sedang dijual)

  • Those people are talking(Orang-orang itu sedang berbicara)

  • That food looks tasty(Makanan itu terlihat lezat)

  • This room really quiet(Ruangan ini begitu sunyi)

Serta penggunaan dari adjective untuk memberikan perbandingan antara satu benda dengan benda lainnya juga. Dapat kita pahami dalam comparative adjective dan superlative adjective.

Comparative adjective:

Membandingkan antara satu benda dengan benda lainnya.

  • Maya has better score than mine(Maya memilki nilai yang lebih baik dari pada punya saya)

  • This place looks messier than my room(Ruangan ini terlihat lebih kacau dari pada kamar saya)

Superlative adjective:

Nah untuk perbandingan superlative adjective sendiri digunakan pada perbandingan yang dipakai untuk memberikan perbandingan tentang benda yang paling baik, atau yang paling buruk.

Supaya dapat memahaminya dengan lebih, perhatikan contoh dibawah:

  • Maya has the best score(Maya memiliki nilai terbaik)

  • This place is the messiest room i ever visited(Tempat ini adalah ruangan paling tidak rapi yang pernah saya kunjungi)

Kesimpulan
Adjective adalah kata yang digunakan untuk memodifikasi makna yang ada pada noun dan pronoun yang terdapat dalam kalimat bahasa inggris, kata ini memiliki fungsi tambahan jika kita gunakan didalam sebuah kalimat.

Seperti itulah penjelasan singkat tentang adjective dalam bahasa inggris. Mari berdiskusi dengan Admin dengan cara mengetik pada kolom komentar dibawah, dan kita akan belajar serta membahasnya bersama-sama.

Hallo teman-teman, author hanyalah manusia biasa yang sekarang sedang sibuk dengan dunia perkulihan. Meskipun bukan berkecimpung pada jurusan sastra bahasa inggris, akan tetapi author senang belajar dan membaca mengenai materi dari bahasa inggris. Yuk, sama-sama kita belajar, dan berdiskusi di blog tercinta kita Berbagi Ilmu ini :D.

Comments


EmoticonEmoticon