Senin, 20 Januari 2020

Apa Beda Conditional Sentence Type - 0 dan Type 1?

Beda conditional sentence type 0 dan conditional sentence type 1 - Perbedaan conditional sentence type – 0 (Zero) dan conditional sentence type 1 (First) memang cukup membingunkan bagi para pemula yang baru saja memasuki materi kalimat pengandaian.

perbedaan-conditional-sentence-type-0-dengan-conditional-sentence-type-1


Selain dari kedua tipe kalimat ini memiliki kemungkinan terjadi yang besar, ada beberpa faktor lainnya yang membuat orang-orang susah untuk mengenalinya.

Pada conditional sentence type – 0 kita menggunkan waktu saat ini untuk memberikan pengandaian, begitupula dengan kalimat conditional sentence type -1. 

Lalu apa yang membedakan dari kedua kalimat pengandaian ini?

Beda conditional sentence type 0 dan conditional sentence type 1


1. Conditional sentence type - 0
Perbedaannya adalah jika pada kalimat conditional sentence type – 0 digunakan untuk memberikan pernyataan akan pengandaian yang akan terjadi mengenai fakta sains, atau fakta-fakta yang sering terjadi pada dunia ini.

Seperti matahari terbit dari barat, air laut yang terasa asin dan udara pegunungan yang dingin merupakan contoh dari fakta yang diketahui oleh banyak orang.


2. Conditional sentence type - 1
Sedangkan untuk kalimat conditional sentence type 1 lebih kepada apa yang kita lakukan saat ini, lalu kita memberikan pengandaian akan apa yang terjadi, berdasarkan apa yang ada.

Contoh simplenya adalah seperti jika kita tidak dapat berenang, maka kita bisa saja tenggelam, jika kita makan kita akan merasa kenyang, jika kita berolahraga kita akan merasa lebih bugar dan masih banyak contoh lainnya.

Perhatikan contoh kalimat yang memperlihatkan beda conditonal sentence type - 0 dan conditional sentence type - 1 dibawah:


1. Conditional sentence type 0 (Zero)

  • If the night comes, the weather feel cooler(Jika malam tiba, maka cuaca akan terasa lebih dingin)

  • If it is in the morning, the sun rises(Jika sekarang adalah pagi hari, maka matahari baru saja terbit)

  • If it’s 12 AM, it feel hotter(Jika sekarang pukul 12 siang, akan terasa lebih panas)


2. Conditional sentence type 1 (First)

  • If you are in a mountain, you will feel cooler(Jika kamu berada di gunung, kamu akan merasa lebih dingin)

  • If they work hard, they will have a good score(Jika mereka bekerja dengan giat, mereka akan mendapat nilai yang bagus)

  • If someone speaks, we will keep listening(Jika seseorang berbicara, kami akan tetap mendengarkan)


Pada conditional sentence type – 0 (Zero) pun kita menggunakan simple present tense untuk memberikan petunjuk waktunya, sedangkan pada conditional sentence type – 1 (First) kita menggunakan simple present tense dan simple future tense pada kalimatnya.

Kesimpulan:
Conditonal sentence type – 0 digunakan untuk memberikan pengandaian yang akan terjadi terhadap fakta yang ada, sedangkan pada conditional sentence type – 1 diguankan untuk memberikan pengandaian pada apa yang akan terjadi berdasarkan fakta yang ada saat ini.

Inilah materi singkat mengenai perbedaan conditional sentence type 0 dan conditional sentence type 1 pada bahasa inggris, semoga dapat membantu teman-teman untuk lebih memahami lagi mengenai materi conditional sentence.

Mimin pamit, dan salam sukses.

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon