Beda Conditional Sentence Type - 2 dan type - 3? Yuk Baca!

Beda Conditional Sentence Type 2 dan type 3 - Perbedaan antara conditional sentence type -  2 dan conditional sentence type – 3 dalam bahasa inggris, juga perlu diketahui oleh para pemula yang sedang belajar bahasa inggris. 

gadis cantik yang suka membaca buku
gadis kecil membaca buku

Dan memang ada sedikit perbedaan dari cara penggunaan kedua kalimat pengandaian ini.

Meskipun kedua kalimat pengandaian ini sama-sama memberikan pengandaian yang terjadi pada masa lampau, tetapi ada sedikit perbedaan yang membedakannya.

1. Conditional type - 2

Untuk conditional sentence type 2 sendiri adalah kalimat pengandaian yang digunakan untuk menyatakan tentang angan-angan ataupun sautu pengandaian jika saja apa yang terjadi dimasa lalu itu berbeda dengan apa yang sebenarnya telah terjadi, lalu hasil yang diharapkan dari ekspektasi tadi dapat terpenuhi oleh si pembicara.
If i worked hard, i would already have a rest right now.

Pada contoh kalimat diatas memberikan makna jika saja si “i” bekerja keras pada masa lalu, bisa saja sekarang jika dia dapat beristirahat. Namun, pada kenyataannya si “i” tidak bekerja keras pada masa lalu.

Pada kalimat ini pun yang digunakan adalah simple past tense untuk membentuk kalimatnya.

2. Conditional type - 3

Sedangkan untuk kalimat pengandaian conditional sentence type – 3 digunakan untuk memberikan rasa sesal atas apa yang didapat dari hasil yang telah terjadi lebih awal. Tepatnya untuk kalimat conditional sentence type 3 digunakan untuk menyatakan penyesalan.

Kalimatnya pun sering ditemui pada percakapan yang membahas kejadian lama, dan hanya memberikan effek pada lampau juga, tidak seperti pada type 2 yang masih memiliki effek pada kejadian saat ini.
If you had not lied to me, i would have still been your friend

Pada contoh kalimat diatas yang memberikan keterangan atas pengandaian, jika saja si “you” tidak berbohong kepadanya, bisa saja dia masih menggap si “you” sebagai teman. Namun, kenyataannya adalah sebaliknya si “you” telah berbohong.

Untuk kalimat ini juga menggunakan past perfect tense pada pembentukan kalimatnya. Berbeda dengan kalimat conditional type 2 yang menggunakan simple past tense.

Contoh kalimat conditional sentence type - 2 dan type - 3

Contoh kalimat dibawah ini dengan langsung artiannya dalam bahasa Indonesia diharapkan dapat lebih memperjelas lagi dengan beda conditional type - 2 dan type 3 pada kalimat pengandaian dibahasa Inggris.

1. Conditional sentence type – 2:


  • If i won the competition, i would get the thropy(Jika saja aku memenangi kompetisi itu, aku akan mendapatkan tropi)

  • If Shinta could sing, she would join the singing event(Jika Shinta bisa bernyanyi, dia akan mengikuti lomba menyanyi itu

  • If my team played well, we could get into the final(Jika tim ku bermain dengan baik, kami bisa saja dapat melaju ke final)



2. Conditional sentence type – 3:

  • If she had published a book, she would have been accepted by the company(Jika dia telah merilis sebuah buku, dia bisa saja sudah diterima oleh perusahaan itu)

  • If Angga had had great skill, he could have gotten job so easily(Jika Angga dulu memilki keahlian yang bagus, dia bisa saja sudah mendapatkan pekerjaan dengan mudah)

  • If you had spoken the truth, i would have asked you for a holiday’s ticket(Jika kamu telah berbicara jujur, aku bisa saja telah menawarkanmu untuk sebuah tiket liburan)


Kesimpulan:
Conditional sentence type – 2 adalah kalimat pengandaian akan apa yang terjadi pada masa lampau berbeda dengan apa yang sebenarnya telah terjadi, dan masih memberikan effek hingga saat ini. Sedangkan untuk conditional sentence type -3 adalah kalimat pengandaian akan kejadian pada masa sebelum semuanya terjadi, dan berharap hasil yang didapatkan pada masa lalu juga tidak seperti apa yang telah ada.

Itulah pembahasan singkat mengenai perbedaan conditional sentence type 2 dan conditional sentence type 3, semoga teman-teman dapat memahaminya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar, mimin pamit dan salam sukses.

Belum ada Komentar untuk "Beda Conditional Sentence Type - 2 dan type - 3? Yuk Baca!"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D