Kamis, 16 Januari 2020

Conditional Sentence Type - 0 pada Bahasa Inggris

Materi conditional sentence type 0 - Setelah kita membahas apa itu conditional sentences pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan mendiskusikan tentang conditional sentences secara spesifik per-type

Conditional sentence type - 0
Conditional sentence type - 0

Seperti pada penjelasan sebelumnya, jika pada kalimat pengandaian atau conditional sentences ini memiliki 4 macam.

Ada yang digunakan untuk menyatakan pengandaian sesuatu yang sukar terjadi, ada yang sudah tentu tidak terjadi, ada yang memiliki kemungkinan untuk terjadi serta ada pula yang digunakan untuk menyatakan kemungkinan yang akan memberikan hasil berbeda jika beberapa kondisi yang diinginkan berbeda pula.

Untuk kesempatan kali ini kita hanya akan membahas conditional sentence type – 0(zero) saja ya teman-teman.

Yuk kita masuk pada materi pembahasan!

A. PENGERTIAN CONDITIONAL SENTENCE TYPE - 0 (zero)


Conditional sentence type - 0 adalah kalimat pengandaian yang digunakan untuk menyatakan fakta secara nyata, yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari, aktitifas yang sering terjadi jika beberapa kondisi bertemu pada tempat yang cocok. Inilah yang dimaksud dengan conditional sentence type 0.

Untuk penggunaan waktunya sendiri dari conditional type ini, kita menggunkan waktu saat ini. 

Oleh karena inilah kita harus menggunakan simple present tense pada kalimat pengandaian tipe 0(zero). Dan seperti yang kita ketahui sendiri pula, jika simple present tense memang sering digunakan untuk mengungkapkan beberapa hal yang memang sering terjadi pada kegiatan sehari-hari.
If you read more, you know more.
 
Seperti pada contoh kalimat singkat diatas, yang memberikan informasi yang semua orang ketahu(general truth). Jika kita membaca lebih banyak, maka kita memang akan mengetatuhi lebih banyak pula.

Khusus untuk kalimat pengandaian tipe 0, kita dapat menggunakan kata “When” untuk menggantikan kata “If” pada kalimat pengandaian ini. Contoh kalimat akan menjadi seperti ini:

  • When you read more, you know more.

Tidak ada makna yang berubah pada contoh kalimat diatas, apa yang ingin disampaikan pun masih tetap tersampaikan secara utuh kepada para pendengar.

B. Contoh kalimat conditional sentence type - 0


Agar teman-teman lebih dapat memahami dan lebih dapat mengerti tentang bagaiaman dan apa contoh dari kalimat ini di dalam penggunaan bahasa inggris, maka berikut mimin berikan beberapa contoh kalimat singkat conditional type – 0 (zero):

  • If it’s 5 o’clock in the afternoon, the sun looks really amazing(Jika sekarang adalah pukul 5 tepat di sore hari, maka matahari akan terlihat begitu mengagumkan)

  • It gets flooding when the rain goes heavily(Banjir datang ketika hujan turun dengan deras)

  • The students get scholarship if the have good score(Para murid mendapatkan beasiswa, jika mereka memiliki nilai yang bagus)

  • The disaster occurs happen if eathquake comes(Bencana sering melanda jika gempa datang)


Kesimpulan
Contidional sentence type - 0 (Zero) adalah kalimat pengandaian yang digunakan untuk mengatakan tentang fakta, hal yang sering terjadi, pengetahuan yang diketahui oleh khalayak umum serta memiliki kemungkinan yang besar terjadi jika kondisi yang dimaksud bertemu.

Sekian dengan penjelasan singkat ini, jika ada yang kurang jelas teman-teman dapat menanyakannnya pada kolom komentar dibawah. Dan jika ada waktu luang di waktu mendatang, maka mimin juga akan up-to-date kan lagi artikel ini.

Hanya itu yang baru bisa mimin jelaskan, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon