Senin, 20 Januari 2020

"Conditional sentence type 2" dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasannya.

Conditional sentence type 2 (Second) adalah kalimat pengandaian yang digunakan utnuk menyatakan tentang apa yang terjadi diwaktu saat ini, jika saja beberapa kejadian dan kondisi dimasa lalu berbeda dengan apa yang telah terjadi.

Pada kalimat pengandaian type ke – 2 ini lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi, dan bahkan bisa dibilang tidak akan terjadi.

wanita cantik dengan earphonennya
wanita cantik dengan earphonennya

Untuk penggunaan dari conditional sentence type – 2 ini sendiri adalah untuk membicarakan angan-angan situasi yang telah terjadi, dan memberikan effect atas hasil dari apa yang ada diwaktu sekarang.

If you studied hard, you would pass the exam.

Pada contoh kalimat diatas mengatakan tentang “you” yang bisa saja berhasil dalam ujian yang telah diikutinya, jika saja si “you” ini berlajar dengan giat. Tentu saja hal itu sudah tidak mungkin terjadi lagi, karena ujiannya pun telah dikerjakan olehnya.

Situasi seperti inilah yang membuat conditional sentence type – 2 memiliki kemungkinan akan terjadinya sesuai ekspektasi(pengandaian) sangat kecil terjadi.

Contoh kalimat conditional sentence type – 2:

  • If Maya won the competition, she would already get a gift(Jika Maya menang dikompetisi ini, dia akan telah mendapatkan sebuah hadiah)

  • If my team worked hard, we could be the winner(Jika tim ku bekerja dengan gigih, kami bisa saja menjadi juaranya)

  • If My family had some much money, we should be in Bali right now(Jika keluarga ku memiliki banyak uang, kami seharusnya sudah berada di Bali saat ini)


Tense yang digunakan pada conditional sentence type – 2 adalah simple past tense. Seperti yang diketahui jika simple past tense digunakan untuk menyatkan kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Kesimpulan
Conditional sentence type – 2 adalah kalimat pengandaian yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi dimasa mendatang, jika saja beberapa kejadian di masa lalu berjalan sesuai dengan ekspektasi(pengandaian/harapan).

Inilah penjelasan singkat dari conditional sentence type -2, semoga teman-teman dapat memahaminya dengan baik. Sekian dari mimin, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah, dan salam sukses.

Hallo teman-teman, author hanyalah manusia biasa yang sekarang sedang sibuk dengan dunia perkulihan. Meskipun bukan berkecimpung pada jurusan sastra bahasa inggris, akan tetapi author senang belajar dan membaca mengenai materi dari bahasa inggris. Yuk, sama-sama kita belajar, dan berdiskusi di blog tercinta kita Berbagi Ilmu ini :D.

Comments


EmoticonEmoticon