Rabu, 22 Januari 2020

Country vs Nation vs State, yuk Kita Pahami Bersama.

Nation, country dan state dalam bahasa inggris sering digunakan untuk memberikan maksud pada sebuah negara, atau daerah yang memiliki areal pemerintahan serta aspek sebuah negara lainnya. Tapi, tahukah kamu? Jika dari ketiga kata ini memiliki perbedaan makna serta cara penggunaannya lho!

wanita cantik yang memakai kacamata
wanita cantik yang memakai kacamata

Mari kita disukisan bersama untuk ketiga kata ini!

Nations

Lansiran dari laman E -  education menyatakan jika nation adalah “a group of people who see themselves as a cohesive adn coherent unit based on shared cultural or historival criteria” yang dimaknakan dalam bahasa indonesia jika artinya adalah sekelompok orang yang tergabung dalam kultur yang sama serta memiliki ikatan jalur sejarah yang sama pula.

Nation ini adalah kata formal yang sering digunakan untuk merujuk kepada sebuah negara.

Seperti pada sebuah konferensi, ikatan ataupun organisasi antar dunia yang diikuti oleh berbagai negara lainnya, seperti yang terkenal adalah united nation atau yang lebih dikenal dengan PBB(Perserikatan bangsa-bangsa) di Indonesia.

“Today is the healthy nation day”

Seperti contoh simple diatas yang menggunkan kata nation. Beberapa contoh lainnya, coba perhatikan kalimat-kalimat dibawah ini:

  • Every nation has its own uniqe foods(Setiap negara memiliki makanan uniknya masing-masing)

  • Around 50 nation will attend the conference today(Sekitar 50 negara akan hadir pada konferensi hari ini)

  • They are debating about a great nation(Mereka sedang berdebat tentang negara yang kuat)

Country


Makna dari kata country menurut lansiran laman Cambridge Dictionary adalah “An area of land that has its own goverment, army, etc” yang berarti adalah sebuah wilayah yang memiliki pemerintahan, tentara dan sebaginya.

Kata country sendiri lebih sering digunakan saat memberikan makna mengenai asal usul.

Dan sangat sering ditemukan pada pembicaraan informal pada kehidupan sehari-hari, seperti jika bertemu dengan seorang bule dan kita ingin menanyakan dari mana asal mereka, maka kata country sangat sering digunakan pada kondisi seperti ini.

Contoh kalimat country:

  • Indonesia is a big country(Indonesia adalah negara yang besar)

  • There are a few Arab countries in the world(Ada beberapa negara Arab yang ada didunia)

  • Which country do you come from?(Dari negara mana Anda berasal?)


Memang sangat mudah dan sering sekali kita temui kata country dalam percakapan sehari-hari bukan?

State

Lansiran dari Cambridge Dictionary mengatakan jika state adalah “A part of large country with its goverment, such as Germany, Australia, or the US,” Yang bermakan jika stata digunakan pada negara yang besar serta memiliki beberapa bagian pada negaranya tersebut.

Biasanya untuk menggunakan dari kata state inipun sering digunakan pada negara Amerika Serikat/United States.

Seperti yang kita ketahui sendiri, jika penggunaan state memang pada negara yang memiliki negara bagiannya masing-masing, dan cenderung pada negara yang luas akan wilayah pemerintahannya.

Berikut contoh kalilmatnya:

  • North is the fastest growing part of this state(Utara adalah bagian paling cepat tumbuh pada negara ini)

  • United States has 50 individual state(Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian)

  • Alaska is a great state to go on a holiday(Alaska adalah negara bagian yang bagus untuk tempat berlibur)


Kesimpulan:
State digunakan pada negara yang besar dan memiliki beberapa negara bagian didalammnya, seperti negera United States atau Amerika Serikat. Country adalah daerah dimana kita bersal, dan memiliki pemerintahan serta budaya mereka masing-masing.

Sedangkan untuk nation adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki cerita sejarah yang sama, serta memiliki kultur sendiri. Kata ini juga sering digunakan pada acara formal antar negara internasional.

Materi kita antara perbedaen country, state dan nation diatas sangatlah singkat. Jika teman-teman ada yang ingin ditanyakan lagi, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah.

Mimin pamit, sampai jumpa kembali dan salam sukses.

Hallo teman-teman, author hanyalah manusia biasa yang sekarang sedang sibuk dengan dunia perkulihan. Meskipun bukan berkecimpung pada jurusan sastra bahasa inggris, akan tetapi author senang belajar dan membaca mengenai materi dari bahasa inggris. Yuk, sama-sama kita belajar, dan berdiskusi di blog tercinta kita Berbagi Ilmu ini :D.

Comments


EmoticonEmoticon