Senin, 03 Februari 2020

Definisi dari Intensive Pronoun, beserta Contoh Kalimatnya.

Membahas Pronoun dalam bahasa inggris memanglah sebuah topik yang sangat menyenangkan. Selain karena pronoun dalam percakapan sehari-hari mudah ditemui.

Sebuah kertas yang digunakan oleh seseorang untuk idenya
Sebuah kertas yang digunakan oleh seseorang untuk idenya

Kita memamng seharushnya memahami macam dan juga pengertian dari berbagai pronoun yang ada.

Salah satu jenis dari pronoun yang ada dalam aturan tata bahasa inggris adalah Intensive Pronoun. Disini kita akan membahas apa itu intensive pronoun? Dan memberikan contoh singkat dari kalimatnya.

Let’s get started.

Intensive pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk memperkuat akan keberadaan dari kata benda yang telah disebutkan, bisa berupa orang, benda, hewan, tempat dan juga pemikiran.

Untuk kata yang termasuk kedalam Intensive pronoun sendiri adalah yourself, myself, himself, herself, itself, ourselves, yourselves, dan themselves.

Mungkin teman-teman agak terkejut kenapa kata ganti yang termasuk kedalam Intensive pronoun ternyata kata yang berakhiran –self dan –selves.

Memang dari kata ganti ini hampir sama dengan Reflelxive pronoun, namun dari segi kegunaannya dalam sebuah kalimat tentu saja berbeda dengan reflexive pronoun, meskipun kata gantinya sama.

I myself write this article

Coba perhatikan sebuah kalimat diatas, kata “myself” diatas digunakan untuk memberikan penegasan lebih terhadap si subjek “i”, dalam kalimatnya.

Dan karena  pada penggunaan intensive pronoun sendiri bukanlah kata ganti yang digunakan untuk dijiadikan dasar dari makna kalimat, maka jika kata intensive pronoun dihilangkan dari kalimatnya, sebuah kalimat tersebut akan tetap dapat menyampaikan makna yang sudah dimaksudkan lebih awal.

Dan kalimatnya akan menjadi seperti ini

I write this article

Penggunaan Intensive Pronoun

Ada beberapa kegunaan dari intensive pronoun dalam sebuah kalimat bahasa inggris. Ada yang digunakan untuk menegaskan diri sendiri, mengaskan orang lain, dan menegaskan benda.

Mari kita lihat contoh kalimat dari per penggunaan intensive pronoun dibawah:

Menegaskan diri sendiri

  • I myself study for get high score(Aku diriku belajar untuk mendapatkan nilai yang tinggi)

  • I myself usually sing to reduce bored(Aku diriku biasanya bernyanyi untuk menghilangkan kebosanan)


Menegaskan orang lain

  • Shinta herself make this cake(Shinta lah yang membuat kue ini)

  • Angga himself get high score(Angga lah yang mendapatkan nilai tinggi)


Menegaskan banyak orang

  • The children themselves play at playground(Anak-anak, merekalah bermain ditaman bermain)

  • We ourselves teach them a lesson(Kami inilah yang mengajarkan mereka sebuah pelajaran)


Mengaskan benda

  • The apple itself fell to the ground(Apple itulah yang jatuh ke tanah)

  • My smartphone itself turn of after i was talking(Telepon pintar akulah yang mati dengan sendirinya setelah aku selesai berbicara)


Perbedaan reflexive pronoun dan intensive pronoun


Reflexive Pronoun

Reflexive pronoun mengadung makna dasar dari sebuah kalimat yang ada, dan jika kata ganti reflexive pronoun dihapuskan, maka kalimatnya menjadi tidak dapat memberikan makna yang dimaksudkan.

Shinta made herself a cake

Contoh kalimat diats yang menggunakan kata “herself” sebagai reflexive pronounnya, dan jika kata herself diatas dihilangkan maka kalimat diatas menjadi tidak menyampaikan pesan yang diingikan.

Karena kita tidak tahu untuk siapa si “Shinta” membuat kue?

Intensive Pronoun

Sedangkan pada kata ganti intensive pronoun kita masih dapat memahami makna yang diinginkan, karena memang pada kata ganti jenis ini hanyalah digunakan untuk menegaskan keberadaan dari subjeknya.

Perhatikan contoh dibawah ini:

Shinta herself made a cake for us

Nah jika kita perhatikan, kita dapat memahami untuk siapa si “Shinta” membuat kue. Lalu penggunaan dari “herself” diatas ditujukan untuk memberikan penegasan jika Shintalah yang membuat kuenya.

Dan jika kata “herself” dihapus, kita tetap dapat memahami kalimat ini, karena sudah dijelaskan kepada siapa sebenarnya kue itu dibuat.

Sangat simple bukan? Untuk memahamai intensive pronoun dalam bahasa inggris? Ayo perbenyak belajar dengan artikel yang mudah dipahami.

Agar bahasa inggrismu menjadi lebih baik disetiap harinya, dan jangan lupa untuk berdoa.

Hallo teman-teman, author hanyalah manusia biasa yang sekarang sedang sibuk dengan dunia perkulihan. Meskipun bukan berkecimpung pada jurusan sastra bahasa inggris, akan tetapi author senang belajar dan membaca mengenai materi dari bahasa inggris. Yuk, sama-sama kita belajar, dan berdiskusi di blog tercinta kita Berbagi Ilmu ini :D.

Comments


EmoticonEmoticon