Pengertian Linking Verb | Cara Penggunaan Linking Verb

Salah satu dari jenis verb yang ada dalam bahasa inggris adalah Linking verb. Kata kerja ini juga mudah kita temui dalam sebuah kalimat, namun jarang kita ketahui jika itu adalah linking verb.

Hal ini karena kita tidak mengetahui dengan apa itu linking verb? Serta kegunaan dari linking verb dalam sebuah kalimat.

Maka dari itu, kita akan bahas secara singkat dan mengasyikan pada artikel kali ini.

Gadis kecil yang menatap cahaya matahari
Gadis kecil menatap cahaya matahari

Linking verb adalah kata kerja yanag digunakan untuk menghubungkan si subjek agar dapat memberikan informasi tambahan mengenai si subjek dalam sebuah kalimat.

Contoh kata linking verb adalah kata be(is, am, are, was dan were). Bentuk dari be ini sendiri bermacam-macam karena tergantung dari penggunaan untuk subjek dan waktu/tensenya.
I am in the right place right now

Seperti contoh kalimat diatas, kita menggunakan be yang berbentuk am untuk memberikan informasi tambahan mengenai keberadaan dari si subjek “i” dalam kalimtnya.

Dengan menggunakan “am” kita dapat memberikan keterangan mengenai keberadaan dari si subjekn “i” pada contoh diatas.

Selain be, kita juga dapat menggunakan kata kerja yang tidak terlihat aksinya pada sebuah kalimat. Seperti kegiatan berpikir, terdengar, terlihat, dan terendus dari aroma sesuatu.

Look, seem, sounds, heard, dan taste adalah contoh dari jenis kata kerja ini.

  • They seem happy with the new  teacher(Mereka terlihat senang dengan guru baru itu)

  • I heard some strange sounds(Aku mendengar suara yang aneh)


Kata seem dan heard dalam contoh kalimat diatas merupakan Linking verb yang menghubungkan antara subjek untuk dapat memberikan informasi mengenai subjeknya, tanpa kita dapat melihat kejadian yang nyata.

Contoh lain dari linking verb adalah  sebagai berikut:

  • We are in America(Kami sedang berada di Amerika)

  • They were on a holiday(Mereka dulu sedang berlibur)

  • I am really happy(Aku sangat senang)

  • That sounds amazing(Itu terdengar mengagumkan)

  • We were in Bandung when we got a holiday last year(Kami sedang berada di Bandung saat kami mendapatkan liburan pada tahun lalu)

  • I am so tired after doing my homework(Aku sangat lelah setelah mengerjakan tugas ku)


Kesimpulan
Linking verb adalah kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan subjek kalimat agar dapat memberikan informasi, meskipun fakta atau informasi yang disampaikan tidak dapat kita lihat secara nyata.

Sebegitulah pembahasan singkat mengenai Linking verb yang ada dalam bahasa inggris, semoga dapat membantu teman sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D
EmoticonEmoticon