Sabtu, 07 Maret 2020

Apa Itu Predicate Adjective dan Cara Penggunaanya

Predicate adjective adalah kata sifat yang memberikan penambahan makna pada subjek dalam suatu kalimat, sehingga dapat memberikan keterangan lebih mengenai subjek itu sendiri.

kamera dan hasil dari jepretan kamera
Kamera dan hasil foto

Penggunaan dari predicate adjective ini biasanya pada saat kita menggunakan salah satu dari verb of sense, seperti: seem, taste, smell, look dan sound.
It’s always seems impossible until it’s done

Mungkin kamu sering mendengar dari quota yang dikutip diatas! Ya, itu adalah quote dari salah satu orang bijak didunia yang bernama Nelson Mandela. Pada quote ini sendiri pun kita menggunakan kata dari predicate adjective untuk membentuk suatu kalimatnya, agar menjadi kalimat yang jelas, mudah dipahami dan benar secara grammar bahasa inggris.

Lalu dimanakah letak dari predicate adjectivenya diatas? Kita menggunakan kata predicate adjective yang pertama “impossible” ketika kita memasangkan kata ini setelah penggunaan dari verb of sense “seems,” sehingga kata “impossible” yang digunakan diatas berfungsi sebagai predicate adjective yang memberikan keterangan tambahan terhadap subjek “it”.

Didalam kalimat ini kita juga menggunakan kata “done” sebagai predicate adjective yang kedua, karena pada kata “done” yang bertugas sebagai predicate adjective diatas memberikan keterangan makna untuk kata “it” yang kedua pula, sehinga kita dapat memahami makna dari kata “it” yang kedua setelah penggunaan dari kata “done”.

Jadi arti dari quote ini adalah “semua hal selalu terlihat seakan tidak mungkin sampai semua hal itu selesai dikerjakan.” Nah dari kata “impossible” ini tadi memberikan makna “tidak mungkin” dalam bahasa Indonesia untuk menerangkan sifat dari “hal” yang dibicarakan, dan kata “done” memberikan makna “selesai” didalam artian “hal” yang dianggap tidak mungkin tadi.

Dibawah ini ada contoh kalimat singkat yang menggunakan predicate adjective, yuk perhatikan secara seksama.

  • I feel bad for him(Aku merasa bersalah kepadanya)

  • They talk loud for the whole night(Mereka berbicara dengan keras sepanjang malam)

  • Randi is a diligent student(Randi adalah seorang murid yang rajin)

  • Maya seems happy to meet me(Maya terlihat senang untuk menemuiku)


Kesimpulan
Predicate adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk memberikan makna pada subjeknya, dan biasanya dipasang bersamaan dengan verb of sense seperti look, seem, sound, feel dan smell.

Seperti itulah penjelasan yang ada mengenai predicate adjective dalam aturan tata bahasa inggris, jika ada kritik dan saran mengenai penjelasan ini, kalian dapat memberitahunya pada kolom komentar dibawah, yuk jangan sungkan ya.


Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon