Selasa, 07 April 2020

Apa Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Present Perfect Tense?

Present Perfect Tense adalah kata yang digunakan ketika kita ingin mendeskripsikan tentang kejadian atau tindakan yang di mulai pada waktu lampau namun masih memiliki pengaruh pada saat ini dan juga masa mendatang.

seorang gadis kecil bersepeda

Penggunaan dari tenses ini kita gunakan untuk menujukan bahwa suatu aksi ataupun kejadian yang telah terjadi masih memiliki effect yang kita rasa kan saat ini.

Untuk lebih singkatnya, kita dapat menyamakan penggunaan dari tenses present perfect dengan kata ‘saya sudah’ di dalam bahasa indonesia.

Untuk rumus pembentukan kalimat present prefect tense sendiri sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan have / has diikuti dengan kata kerja ketiga(past participle).

Perhatikan contoh kalimat nya berikut:

  • I have learn english for about 2 years(Aku telah belajar bahasa inggris selama 2 tahuh)

  • She has had dinner last night(Dia telah makan malam tadi malam)

PS: Have untuk (I, You, They, We)
Has untuk (She, He, It)

B. Pengunaan present perfect tense

Present perfect tense dalam bahasa inggris dapat digunakan pada tiga kondisi tertentu pada masa lampau, antara nya adalah untuk menyatakan kejadian yang sering terjadi pada masa lampau, digunakan untuk menyatakan kejadian yang di mulai pada masa lampau namun masih memiliki effect sampai saat ini dan masa yang akan datang serta digunakan untuk menyampaikan informasi

Berikut penjelasan tentang cara penggunaan atau fungsi dari present perfect tense:

Menyatakan kejadian yang terjadi lebih dari sekali pada masa lampau, untuk menyatakan tentang suatu aksi ataupun kejadian pada masa lampau yang sering terjadi, kita dapat menggukana tenses ini.

Perhatikan contoh dibawah untuk lebih jelasnya bersamaan dengan arti dalam bahasa indonesia:

  • I have been to US for several times(Aku sudah beberapa kali pergi ke US)

  • I have got three chances for winning this competition(Aku memiliki tiga kesempatan untuk memenangi kompetisi ini)

  • Shinta has told them a bunch of time(Shinta telah sering mengingatkan mereka)


Menyatakan kejadian masa lampau yang masih memiliki effect sampai saat ini, untuk membicarakan tentang kejadian yang telah terjadi pada masa lampau, namun masih memiliki pengaruh pada waktu sekarang. Kita dapat menggunakan tenses ini. 

Perhatikan contoh kalimat di bawah untuk lebih jelasnya lagi: 
  • Widya has studied english for 6 months(Widya telah belajar bahasa inggris selama 6  bulan)

  • Angga has gone to Bali since last week(Angga telah pergi ke Bali sejak minggu lalu)

  • I have had breakfast too much today(Aku telah makan sarapan pagi terlalu banyak hari ini)


1. Menyampaikan informasi

Ketika kita ingin memberikan seseorang tentang informasi ataupun berita yang kita miliki, kita dapat menggunakan present perfect tense untuk mendeskripsi tentang apa yang sedang ingin kita sampaikan.

Kalimat nya akan menjadi seperti berikut:

  • I have told them to go early for getting this task done(Aku telah memberitahu mereka untuk datang lebih supaya menyelesaikan tugas ini)

  • Shinta has given the task to the teacher(Shinta telah memberikan tugas itu kepada guru)


Hal yang perlu diperhatikan di dalam menggunakan present perfect tense dalam kalimat bahasa inggris, tidak jarang para pemula sedikit kebingungan serta keliru dalam membedakan cara penggunaan tenses ini di dalam kalimatnya. 

Hal ini sangat lah perlu untuk diperhatikan, agar penyampaian pesan yang ingin kita sampaikan benar-benar jelas ke orang yang kita tuju.

Hal-hal itu antara lain adalah tidak dapat membedakan antara pemakain gone dan kata been pada present perfect tense, sulit untuk membedaan antara UK English atapun US English dalam penggunaan tenses ini, serta tidak dapat membedakan antara simple past dan juga present perfect untuk menunjukan keadaan yang dimulai pada masa lampau.

Berikut penjelasan singkat dari ketiga kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula:

Hal yang satu ini sangat sering membingungkan para pemula untuk menggunakan kata gone atau pun kata been untuk merujuk tentang pengalaman telah berada di suatu tempat.

Penggunaan kata been digunakan untuk mengindikasikan tentang suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dan aktifitasnya telah berakhir.

Contoh: 

  • I have been to Bali for 3 times(Aku telah berkunjung ke Bali sebanyak 3 kali)

  • Shinta has been to London for several times(Shinta sudah berkunjung ke London untuk beberapa waktu)


Untuk penggunaan dari kata gone, kita menggunakan kata ini pada kalimat present perfect tense untuk menjelaskan tentang suatu keadaan dimana kita berada di suatu tempat dan aktifitas yang kita lakukan itu belum berakhir(masih berlanjut).

Berikut contoh kalimat agar lebih jelas lagi:
  • They have gone to LA now(Mereka sudah berada di LA saat ini)

  • Maya has gone to Youth ceremony right now(Maya sudah berada di acara Pemuda saat ini)


C. Penggunaan simple past tense dan present perfect tense

Penggunaan dari simple past tense dan juga present perfect tense tidak lah sama. Past simple digunakan untuk menunjukan sesuatu yang terjadi pada masa lampau dengan keterangan waktu yang spesifik, sedangakan untuk pemakaian present perfect tense tidak menggunakan waktu kejadian yang spesifik pada masa lampau.
Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Past simple:

  • I visited my grandmother yesterday(Aku mengunjungi nenek ku kemarin)

  • Shinta had dinner with her family last night(Shinta makan malam bersama keluarganya tadi malam)


Present perfect:

  • I have visited this town for about 7 times(Aku telah berkunjung ke kota ini sebanyak 7 kali)

  • Dea has sang a lot when her family doing a gathering(Dea sering bernyanyi ketika keluarganya mengadakan perkumpulan)


D. Perbedaan US English dan UK English

Di dalam menggunakan kalimat yang menunjukan tentang suatu kejadian yang telah di mulai pada waktu lalu, US English dan UK English memiliki perbedaan kebiasaan untuk menyampaikan hal tersebut.

US English lebih sering menggunakan past simple untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi. 

Contoh:
  • I couldn’t eat anymore, cause i already ate(Aku tidak dapat makan lebih banyak lagi, karena aku tadi sudah sarapan)

  • I can’t find my book, Did you see it?(Aku tidak dapat menemukan buku ku, apakah kamu melihatnya)


Sedangkan untuk UK English, lebih sering menggunakan present perfect untuk menyatakan kondisi aktifitas yang sudah dilakukan.

Berikut contoh nya:
  • I couldn’t have this cake anymore, cause i have eaten too much(Aku tidak dapat menikmati kue ini lagi, karena aku sudah makan terlalu banyak)

  • Maya couldn’t find her book, have anybody seen it?(Maya tidak menemukan bukunya, apakah ada yang melihatnya?)


Kesimpulan:
Present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu aktifitas yang telah dimulai pada masa lalu, namun masih memiliki pengaruh sampai sekarang dan masa yang mendatang. Penggunaan dari tenses ini digunakan untuk menyampaikan informasi, menyampaikan aktifitas yang terjadi secara berkala di masa lampau, serta digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah terjadi namun masih memiliki effect sampai sekarang.

Itulah yang dapat mimin jelaskan kepada teman-teman sekalian tentang apa itu Present Perfect Tense di dalam bahasa inggris, serta kapan dan bagaimana cara penggunaan dari tenses ini.

Dengan membaca artikel ini, mimin harapkan teman-teman sekalian dapat memahami serta bisa menggunakan present perfect tense di dalam kalimat berbahasa inggris beserta artiannya dalam bahasa indonesia.

Sebelum tulisan ini berkahir, mimin akan memberikan  satu quote yang mungkin bisa menambah semangat teman-teman sekalian untuk tetap semangat belajar dan mengejar cita-cita yang teman-teman ingin kejar, dari seseorang bernama Richard Carlson:
Ask yourself this qustion:“Will this matters a year from now?”

Sekian teman-teman, semoga berkah waktunya :D

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon