Pengertian Subject - Verb Agreement | Aturan Subject - Verb Agreement

Memahami apa itu apa saja aturan subject – verb agreement dalam bahasa inggris? Serta contoh kalimat subject - verb agreement?

Ilustrasi berjabat tangan sebagai pengertian subject - verb agreement
Ilustrasi berjabat tangan

A. Pengertian Subject - Verb Agreement

Subject – Verb Agreement adalah cara tepat pemakaian verb dengan subjeknya, subjek singular disandingkan pada verb singular dan subjek plural disandingkan pada verb plural.


Jika ingin menelik aturan yang dalam, kita dapatkan dari lansiran laman grammarbook.com memberikan penjelasan terhadap 10 aturan subject – verb agreement.

Namun pada pembahasan ini, akan dibahas 5 aturan subject – verb agreement saja.

B. 5 Aturan subject - verb agreement

Aturan dalam penggunaan subject - verb agreement tentu sangat banyak didalam kalimat bahasa inggris, yang berfungsi sebagai line/garis dalam menentukan tatanan kalimat yang benar dan baik menurut kaedah grammar.

Mari kita simak secara bersama-sama.

    1. Subjek singular untuk verb singular

Pada subjek yang bersifat singular, seperti she, he dan it maka penggunaan yang benar adalah dengan kata kerja singular pula.

  • Rani works so hard(Rani bekerja dengan giat)

  • Bayu loves to sing a song(Bayu suka menyanyikan sebuah lagu)


    2. Subjek plural untuk verb plural

Subjek yang berbentuk plural, harus disandingkan dengan kata kerja/verb yang berbentuk plural juga.

  • They talk about the competition(Mereka membicarakan tentang perlombaan itu)

  • We order some foods(Kami memesan beberapa makanan)

    3. Plural verb untuk subjek lebih dari 1 noun

Kalimat bahasa inggris yang menandung lebih dari 1 noun didalamnya, maka harus menggunakan kata kerja plural, agar kalimatnya benar dalam aturan subject - verb agreement .

  • My friend and I are in Bali(Teman ku dan aku sedang berada di Bali)

  • My school and a few school in this town get the days off(Sekolah ku dan beberapa sekolah lainnya disekolah ini mendapatkan hari cuti)

Baca Juga: Comparison Adjective untuk Memberikan Perbandingan

    4. There dan here mengikuti jumlah

Penggunaan there dan here bergantung pada sifat subjek nya sendiri. Dapat digunakan baik dengan kata kerja plural maupun kata kerja singular.

  • There are thousands of people in my town(Ada ribuan orang yang berada dikota ku)

  • There is only one book left(Hanya ada satu buku yang tersisa)

    5. Singluar verb untuk or atau nor

Saat percakapan bermulai dengan kata or/nor terkandung didalamnya. Maka kita perlu menggunakan singular verb yang bertugas sebagai pendefinisian kejadian tersebut.

  • The lecturer or the teacher is mr. Ahmad(Dosen atau guru nya adalah pak Ahmad)

  • The leader or the manager is now getting promoted(Sang pemimipin atau manajer nya sekarang sedang mendapatkan promosi jabatan)

Begitu banyak contoh penggunaan subject - verb agreement, sebagai dasar pemahaman penting dibalik pembelajaran grammar pada bahasa inggris.

Kesimpulan
Untuk memberikan simpulan yang dapat kita ambil dari pembahasan pengertian subject - verb agreement diatas adalah subject - verb agreement merupakan aturan dalam bahasa inggris yang memberikan aturan mengenai penggunaan kata kerja dan pelakunya yang benar, jika subjek/pelakunya bersifat singular maka menggunakan kata kerja singular dan ketika pelakunya bersifat plural maka kita wajib memakai kata kerja plural.

Semoga dengan adanya contoh kalimat subject – verb agreement pada penjelasan ini mampu membuat kalian lebih memahami serta mengetahui cara tepat pembentukan kalimat in the real conversation in life.

Berikan saran, masukan serta keinginan kalian dikolom komentar dibawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments

Berkomentarlah dengan bijak, dan jangan lupa untuk memasukan alamat Gmail mu, agar mendapatkan notif balasan. Terima Kasih :D
EmoticonEmoticon