Kamis, 09 April 2020

Pengertian Subject - Verb Agreement dan Contoh Kalimatnya.

A. Pengertian Subject - Verb Agreement

Pengertian Subject – Verb Agreement adalah aturan dari pemakaian verb yang harus sesuai dengan sifat subjeknya, jika subjeknya singular maka pemakaian verb nya juga harus singular dan sebaliknya.

Ilustrasi berjabat tangan sebagai pengertian subject - verb agreement
Ilustrasi berjabat tangan

Jika ingin menelik aturan yang dalam, kita dapatkan dari lansiran laman grammarbook.com memberikan penjelasan terhadap 10 aturan subject – verb agreement.

Namun pada pembahasan ini, kita akan membahas 5 aturan subject – verb agreement.

Apa saja aturan dari subject – verb agreement dalam bahasa inggris itu? Dan contoh kalimat subject - verb agreement? Mari kita simak secara santai dibawah ini:

B. 5 Aturan subject - verb agreement

Aturan didalam penggunaan subject - verb agreement sudah tentu sangat banyak didalam kalimat bahasa inggris, untuk memberikan aturan yang dianggap sebagai aturan yang sering digunakan, maka hanya akan ada pembahasan 5 aturan subject - verb agreement dibawah ini.

Mari kita simak secara bersama-sama.

    1. Subjek singular untuk verb singular

Maksud dari aturan ini adalah kita harus menggunakan verb yang berbentuk singular, untuk subjek yang singular.

  • Rani works so hard(Rani bekerja dengan giat)

  • Bayu loves to sing a song(Bayu suka menyanyikan sebuah lagu)


    2. Subjek plural untuk verb plural

Ketika kita sedang menggunakan subjek yang berbentuk plural, maka kita juga harus untuk menggunakan verb yang berbentuk plural juga.

  • They talk about the competition(Mereka membicarakan tentang perlombaan itu)

  • We order some foods(Kami memesan beberapa makanan)


    3. Plural verb untuk subjek yang lebih dari 1 noun

Maksud dari subjek yang lebih dari 1 noun adalah seperti kita membicarakan dua orang atau dua benda secara bersamaan.

  • My friend and I are in Bali(Teman ku dan aku sedang berada di Bali)

  • My school and a few school in this town get the days off(Sekolah ku dan beberapa sekolah lainnya disekolah ini mendapatkan hari cuti)


    4. There dan here yang mengikuti jumlah

Ketika jumlah dari noun itu plural, maka kita menggunakan plural verb, tetapi jika noun nya singular maka kita juga harus menggunakan singular verb.

  • There are thousands of people in my town(Ada ribuan orang yang berada dikota ku)

  • There is only one book left(Hanya ada satu buku yang tersisa)


    5. Singluar verb untuk or atau nor

Ketika kita menggunakan kata or atau nor didalam kalimatnya, dan si subjeknya juga hanya terdiri dari stau orang atau satu benda, maka kita menggunakan singular verb.
  • The lecturer or the teacher is mr. Ahmad(Dosen atau guru nya adalah pak Ahmad)

  • The leader or the manager is now getting promoted(Sang pemimipin atau manajer nya sekarang sedang mendapatkan promosi jabatan)

Dari 5 pembahasan aturan dari subject – verb agreement diatas adalah pembahasan yang dipilih dan dianggap oleh mimin sebagai penggunaan subject – verb agreement yang paling sering digunakan.

Kesimpulan
Untuk memberikan simpulan yang dapat kita ambil dari pembahasan pengertian subject - verb agreement diatas adalah Subject - verb agreement merupakan aturan dalam bahasa inggris yang memberikan aturan mengenai penggunaan verb dan subjek, jika subjek yang digunakan adalah subjek singular maka kita harus menggunakan verb singular pula dan jika kita menggunakan subjek plural maka kita harus menggunakan verb plural pula.

Semoga dengan adanya contoh kalimat subject – verb agreement yang dituangkan diatas juga dapat membuat kalian lebih memahami dan mengetahui cara dari penggunaanya didalam the real conversation in life.

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang pengertian, contoh kalimat dan aturan subject – verb agreement diatas, silahkan tulis saja dikolom komentar.

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

This Is The Newest Post
Comments


EmoticonEmoticon