Selasa, 07 April 2020

Pahami Perbedaan Wish dan Hope pada Kalimat Bahasa Inggris.

Wish dan Hope dalam bahasa inggris sama-sama digunakan untuk menyatakan harapan dan keinginan, lalu apakah ada perbedaan dari penggunaan kedua kata ini?

perbedaan wish dan hope dengan perumpamaan wanita sedang bermimpi
Ilustrasi sedang bermimpi

Tentunya hal ini patut kita telusuri, agar dapat mengetahui tentang kedua kata yang sering digunakan untuk menyatakan mimpi atau keinginan ini.

Berikut ada penjelasan dari perbedaan wish dan hope dalam bahasa inggris dan contoh kalimat dari penggunaan kedua kata yang memiliki kesamaan arti, namun berbeda dalam penggunaanya.

A. Perbedaan wish dan hope


    1. Wish

Mungkin kalian semua pernah mendengar sebuah kata mutiara dari Antoine de Saint-Exupéry yang berbunyi sebagai berikut:
A goal without a plan is just a wish.

Nah, seperti dari kata mutiara ini pun menggunakan kata wish untuk menyatakan kejadian yang hampir bisa dibilang mustahil untuk dapat tercapai.

Umumnya, kata wish ini digunakan pada kalimat masa lalu untuk menyatakan kekecewaan atau penyeselasan terhadap suatu kejadian atau statement yang ada pada waktu itu.

Jadi dapat dikatakan juga jika kata wish digunakan untuk menyatakan penyesalan terhadap apa yang telah terjadi.

  • I wish i studied harder(Aku berharap aku dulu belajar lebih giat)

  • They wish they had a plan(Mereka berharap mereka dulu memiliki rencana)

  • Wish that i was coming with you(Coba saja jika dulu aku datang bersama mu)


Karena kejadian yang dibicarakan dengan kata wish umumnya suatu penyesalan dimasa lampau, maka kata wish bisa dianggap sebagai kata yang mengekspresikan kejadian yang tidak mungkin terjadi(impossible happens).

  • I wish i can fly to the moon(Aku berharap aku bisa terbang kebulan)


    2. Hope


Lansiran dari laman Cambridge Dictionary menyatakan jika arti dari kata hope adalah "to want something to happen or to be true, and usually have a good reason to think that it might."
Berharap sesuatu akan terjadi atau benar adanya, dan biasanya memiliki alasan yang kuat sehigga percaya jika kejadian itu akan terjadi.

Nah, setelah melihat pengertiannya tadi diatas, kita sudah tahu ya kalau untuk hope sendiri merupakan kata yang digunakan untuk menyatakan keinginan yang diharapkan terjadi dan biasanya memang memiliki kemungkinan besar untuk terjadi.

Contohnya seperti kalimat berikut ini:

  • I hope that i will get a good grade(Aku berharap supaya nanti aku mendapatkan nilai yang bagus)

  • They hope that their team will win(Mereka berharap jika nanti tim mereka akan menang)

  • My parent hope i will come for them(Orang tua ku berharap jika aku akan datang untuk mereka)


Jadi, penggunaan dari hope itu memang memiliki alasan tertentu yang membuat mereka merasa bahwa keinginan mereka akan terwujud diwaktu mendatang.

Nah, sebelum materi pembahasan dari perbedaan antara wish dan hope ini, dibawah ada 2 contoh kalimat yang memberikan perbandingan dari penggunaan wish dan hope itu sendiri.

Mari kita simak:

  • If you just wish it without working on it, then it will only be a dream(Jika kamu hanya berharap dan tidak berjuang, maka itu hanya akan menjadi mimpi belaka)

  • I hope that my hard work will pay off(Aku berharap bahwa kerja keras ku akan terbayar nantinya)


Kesimpulan
Untuk mengambil sebuah kesimpulan yang singkat dan clear mengenai perbedaan kata hope dan wish adalah, kata wish digunakan untuk keinginan yang tidak dapat terwujud, sedangkan kata hope merupakan pengekspresian keinginan yang memiliki kemungkinan terjadi dimasa mendatang.

Nah, bagaimana dengan penjelasan singkat dari perbedaan kedua kata ini dalam bahasa inggris? Apakah teman-teman sudah memahaminya?!

Selalu mencoba menjadi yang terbaik dan berusaha untuk dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Comments


EmoticonEmoticon