Aktifkan Javascript

Untuk mengakses blog Berbagi Ilmu, hidupkan Javascript di dalam pengaturan browser.

TRANSLATE THIS PAGE INTO YOUR LANGUAGE

Paling Dilihat

√ 9 Tipe Verb dalam Bahasa Inggris, WAJIB Dipelajari!

Posting Komentar

Verb merupakan salah satu  bagian dari parts of speech. Disini kita bakal bahas lebih dalam, lebih ke tipe verb dalam bahasa inggris. Bila kamu pernah berpikir berapa banyak sih jenis verb yang ada dalam bahasa inggris? Jawaban nya adalah 9 tipe verb dalam bahasa inggris. Mari kita diskusi secara singkat.

Tipe Verb dalam Bahasa Inggris
Ilustrasi

Banyak mungkin dari kalian yang sudah paham akan hal ini. Memang kata kerja/verb memiliki perang penting dalam grammar. Maka nya dari pada itu, temen-temen lebih baik belajar lebih dalam. Nanti, biar tidak cuma sekedar paham arti, penggunaan, tapi juga dengan tipe verb dalam bahasa inggris.


Tipe Verb dalam Bahasa Inggris

Tanpa perlu berlama-lama lagi. Kalian bisa ambil buku, dan pulpen. Atau bisa screenshot materi kita kali ini, biar nanti bisa diulangi lagi. Kan bagus, saat kita sudah paham tipe verb dalam bahasa inggris dan cuma perlu mengulang kembali. Siapin teh anget juga boleh, biar jadi lebih santai, xoxo. Yuu scroll down below!


1. Regular verb

Pada jenis kata kerja satu ini, digunakan sebagai pola pembentukan verb tergantung pada waktu kejadian. Seperti kita ketahui ada, past, present, dan future. Contoh kata ny adalah cook, cooked, cooked. Kita lihat kalau akhiran kata kerja nya ditambah -ed.

 

Contoh kalimat regular verb

I cooked in the kitchen

I cook in the kitchen


2. Auxiliary verb

Auxilary verb biasa nya dipakai bersamaan dengan main verb. Seperti kalau kita mau bilang "I can make a song", kata "can" disini, adalah auxiliary, dan "make" sebagai main verb. Jadi mesti digunakan bersamaan dengan kata kerja utama.


Contoh kalimat Auxilary verb

I can give you a gift

They will make you an ayam geprek

 

3.  Linking verb 

Pada tipe ini, kita pakai untuk memberikan keterangan terhadap subjek nya. Contoh dari linking verb, adalah seems, looks, hear, taste. Kalian sudah tahu kan kalo beberapa kata ini merupakan tipe kata kerja. "It looks good" disini kata 'looks' berfungsi sebagai kata kerja, dan memberi keterangan terhadap subjek "it".

Contoh kalimat Linking verb

It looks nice(Itu terlihat bagus)

I heard that you called me(Aku dengar kamu memanggil ku)


 4. Phrasal verb

Pada phrasal verb, kata kerja nya mengalami penambahan kata preposisi. Contoh nya adalah write up, write this down, take it off, pick it up, dll. Kalo kamu melihat dari beberapa kata ini, pasti sering kan melihat, atau menggunakan nya.

Contoh kalimat Phrasal verb

I will pick you up  at 7 AM(Aku akan menjemput kamu pukul 7 pagi)

They will write this down on the papper(Mereka akan menulis ini pada kertas)

 

5. Modal verb

Point ke - 5 ini digunakan bersamaan dengan kata kerja utama. Tapi, penggunaanya disini hanya sebagai ekspresi akan kemampuan kita. Seperti "will, can, would, could, shall," dan lain-lain. Memiliki peran sendiri, maka nya modal verb dipakai dalam sebuah percakapan.

Contoh kalimat Phrasal verb

I can win this competition(Aku bisa memenangi kompetisi ini)

They would take a chance at that time(Mereka bisa mengambil kesempatan pada waktu itu)

 

6.  Infinite verb

Pada kata kerja infinite, kita gunakan bersamaan dengan "to". Seperti "to meet", "to cook", "to study" "to spend" dll. Dilihat dari struktur nya, kalian paham kan. Iya, emang bener kok kalo tipe ini sering dipake juga dalam percakapan sehari-hari.

Contoh kalimat Infinite verb

They come to meet you(Mereka datang untuk mengunjungi mu)

I want to cook ayam geprek for you(Aku mau masak ayam geprek untuk kamu)


7. Finite verb

Finite verb adalah lawan dari infinite verb. Disini, kita tidak boleh menambahkan kata "to", bersamaan dengan kata kerja nya. Contoh simple, "Just tell me the truth", bisa dilihat tidak ada "to". Pada kalimat nya sendiri, langsung diikuti dengan "me".

Contoh kalimat finite verb

Rangga just told me the story(Rangga baru saja memberitahu ku cerita itu)

They ask me to stay for while(Mereka meminta ku untuk tinggal disana sebentar)

 

8. Stative verb

Pada stative verb, kata kerja nya digunakan untuk menunjukan perasaan, emosi, mental, dan kepemilikan. Lalu bagaiaman nih contoh nya?? Contoh dari stative verb adalah "I feel better right now" (Aku merasa agak baikan saat ini) 

Contoh kalimat stative verb

They feel guilty for him(Mereka merasa bersalah ke pada dia)

I love to hear your voice(Aku suka mendengar suara mu)


9. Action verb

Last point, dari kata "action" mungkin sobat blog Berbagi Ilmu bisa menebak . Yeep, bener banget, action verb adalah kata kerja yang digunakan untuk aktifitas action, yang bisa dilihat. Seperti write, run, cook, walk, dll.

Contoh kalimat action verb

I walk in the middle of the night(Aku berjalan ditengah malam)

They run in the street(Mereka berlari dijalan)


Penutup

Diatas ini adalah 9 tipe verb dalam bahasa inggris dan contoh kalimat nya. Sebagai upaya untuk para sobat biar mengerti lebih dalam mengenai verb. Dan disetiap jenis kata kerja dalam bahasa inggris diatas, mimin sisipkan link. Nanti nya, temen-temen boleh buat membaca lebih dalam lagi disetiap part nya. Lumayan buat mengasah grammar buat pemula, kita mulai dari hal kecil dulu.

Sekian dari mimin, semoga kalian bisa mengerti ya. Oh iya, if you all have any question, then just leave it below. Nanti bakal mimin baca, dan coba mimin balas. Bye bye semua, sampai ketemu di di post selanjutnya.

Related Posts

Posting Komentar