TRANSLATE THIS PAGE INTO YOUR LANGUAGE

Paling Dilihat

√ Investasi dan Money Parenting To Build a Great Future

19 komentar

Investasi dan Money Parenting sangat lah penting buat masa depan. Dengan melakukan investasi dan money parenting, kelak kita bisa menerima hasil dari apa yang sudah kita lakukan. Banyak yang mengatakan bahwa investasi adalah ladang uang yang bisa memberikan kecerahan akan masa depan. Akan tetapi, ada nya resiko yang bakal dihadapi membuat sebagian orang jadi tertegun sejenak untuk berinvestasi. Kita perlu belajar agar tidak salah langkah. Selain itu, kita bakal belajar money parenting yang mana bisa membuat kamu mampu dalam mendidik anak mengenai pengelolaan uang sedari dini. Pembelajaran ini sangat bagus buat masa depan mereka nanti nya. 

Investasi dan Money Parenting
Investasi dan Money Parenting
Mungkin buat kamu yang masih ragu akan bagaimana mendapatkan masa depan yang cerah melalui masa depan dengan investasi? Mari kita belajar sama-sama.

In any investment, you expect to have fun and make money.

Seperti kata pepatah dari Michael Jordan(seorang pebasket handal) diatas, bahwa dalam berinvestasi dibidang apa pun kita mesti nya bersenang-senang, dan memperoleh banyak uang. Kan membangun masa depan tidak melulu mesti tegang, kita perlu rileks, have a chill and make money. Santai juga bisa kok membangun masa depan.

Apa itu Investasi? 

Apa itu Investasi?
definition of investment

Mengutip dari laman resmi OJK(Otoritas Jasa Keuangan) investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya dengan membeli saham, surat berharga, atau pun menanam modal dengan tujuan agar mendapat keuntungan dikemudian hari.

Hal ini tentu nya sangat baik buat dimengerti, agar kita bisa meraup keuntungan dengan melakukan investasi. 

Apakah Investasi sama dengan Trading & Menabung?

Jawabannya tidak, ada perbedaan dari ketiga nya. Kalo pada tabungan, kita akan mendapat sesuai dengan berapa yang kita tabung. Sedangkan pada investasi, kita bisa memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari compound interest(bunga uang). Memang pada investasi sendiri memiliki resiko tersendiri, akan tetapi resiko nya lebih kecil ketimbang kalian melakukan trading. Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan dari ketiga nya, memang memiliki sedikit persamaan, akan tetapi mereka tidak sama.

Apa Investasi cocok buat orang tua muda?

Apa Investasi cocok bagi orang tua muda?
investasi orang tua muda

Bagi pasangan yang baru menikah, mungkin masih bingung dalam mengatur keuangan mereka buat masa depan? Disini ada ide investasi jangka panjang bagi orang tua muda (baru menikah) sangat cocok buat kamu nih. Bisa buat biaya pendidikan dan masa depan si buah hati nanti, lho!

1. Properti

Mulai lah buat berinvestasi pada properti. Seperti membeli rumah / toko di tengah kota, karena harga properti semakin lama cenderung semakin naik. Bisa saja nanti kamu membeli rumah / toko di tengah kota dengan harga 200 juta, lalu dibeberapa tahun kedepan harga nya bisa naik berkali-lipat. Ini lah salah satu alasan kenapa kita mesti coba buat invest di properti.

2. Education Saving 

Tabungan pendidikan ato istilah bahasa inggrisnya education saving, adalah opsi khusus yang disedikan oleh bank. Kalian bisa menghubungkan tabungan pendidikan ini, dengan tabungan konveksional juga. Nanti nya, agar kalian bisa jadi lebih disiplin dalam "education saving" ini, pilih saja sistem autodebet. Dengan begitu uang nya tidak akan terpakai pada keperluan yang lain, serta diri kita menjadi lebih disiplin.

3. Invest in Gold

Berinvestasi di emas masih menjadi pilihan yang bagus buat masa depan. Karena harga emas juga cenderung naik, dari tahun ke tahun. Kamu bisa coba dengan membeli emas batangan, ato perhiasaan yang dibuat dari emas. Bisa itu cincin, gelang, dan barang lainnya yang dibikin dengan emas.

4. Reksa Dana

Fun fact bahwa tipe investing satu ini memiliki resiko lebih kecil, ketimbang yang lalinnya. Kalian bisa memulai berinvestasi di Reksa Dana, dengan modal kecil. Hasil dari investasi ini digadangkan memiliki keuntungan lebih besar dari tabungan di bank lho! Kalo mo coba investasi reksa dana dengan lincensi APERD OJK, bisa coba di Invesnow.id. Mereka punya lebih dari 100 produk reksadana, dan 21 manajer terverifikasi.

5. Tabungan Konvensional

Jenis tabungan ini bisa kamu gunakan sebagai saving buat pendidikan anak kamu nanti. Biar lebih berasa kalo tabungan ini buat si kecil, kalian bisa kok memilih dengan membuat nama nya dengan nama anak kalian. So, tinggal pilih mau tetap nama sendiri, ato nama sibuah hati biar lebih semangat buat nabung nya.


Kenapa mesti Investasi?

Kenapa mesti Investasi?
alasan buat investasi

Beberapa orang mungkin masih belum paham dengan kenapa kita mesti investasi? Nah disini mimin bakal kasih kalian masukan, mengenai benefit yang bakal kalian peroleh. Biar goals kalian semakin jelas saat membangun masa depan yang cerah ini. Kalo semua bisa dilihat secara clear, kan lebih gampang buat kamu menargetkan masa depan tadi. Berikut ini keuntungan dari investasi:

1. Get Richer

Iya, memang benar kok. Dengan berinvestasi kamu bisa meningkatkan kekayaan, dan asset yang kamu miliki. Kalo kerja gaji nya tetap, nah sedangkan investasi bakal memberi kalian kesempatan buat memiliki keuntungan yang gede. Bisa berkali-lipat lagi!

2. Say big NO to Inflasi

Inflasi bisa bikin kamu rugi, karena nilai nya bisa berkurang. Sedangkan dengan investasi, kamu bakal terhindar dari yang nama nya inflasi. Mungkin kalo temen-temen disini masih belum mengerti dengan apa itu inflasi? Yaitu semacam nilai yang berkurang dari waktu ke waktu, seperti uang Rp. 1000 dulu bisa dapat goreng empat, lalu berkurang nilai uang jadi dapat gorengan hanya tiga, eh sekarang malah cuma dapat satu.

Dari sini kita bisa lihat kalo memang ada nya inflasi yang terjadi pada uang. Nilai nya dari data historical menjadi berkurang.

3. Kebutuhan mendesak 

Terkadang ada saja yang terjadi diluar ekspektasi kita. Kalo semisal suatu saat kalian butuh uang mendesak, setidaknya investasi yang kalian lakukan bisa menjadi tempat kalian mendapatkan dana darurat tadi. Kita tidak mungkin untuk selalu meminjam ke orang tua, maka dari itu investasi bisa jadi solusi.

4. Kebebasan dalam Keuangan

Siapa sih yang gamau buat dape kebebasan financial? Mimin yakin semua orang mau, termasuk mimin tentu nya, xoxo. Investasi bisa menjadi salah satu jalan biar kamu dapet financial freedom(kebebasan keuangan). Kamu tidak usah pusing lagi buat mikirin pendapatan, ya hal ini bisa terjadi karena kamu sudah berada di fase financial freedom/kebebasan financial.

Apa saja jenis Investasi?

jenis investasi yang ada
jenis investasi

Terdapat dua tipe investasi, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek. Buat yang jangka pendek, kalian sudah bisa melihat hasil nya pada 3 - 12 bulan setelah melakukan investasi tadi. Sedangkan buat yang jangka panjang, tentu memerlukan waktu lebih lama lagi buat melihat hasil nya. Dan perlu diketahui juga, kalian bisa berinvestasi dalam aset seperti emas, properti, tanah, saham, sukuk, deposito, reksa dana, asuransi, dan obligasi.

Bisakah jadi kaya dari Investasi?

durasi video hanya 2:58 menit (tidak sampai tiga menit)

Iya sangat bisa, kita bahkan berpeluang mendapatkan uang berkali-lipat dari modal yang kita tanam. Seperti apa yang diceritakan oleh Founder Invesnow.id, Pak Ben Lawson pernah memiliki klient yang meraup keuntungan dari modal 6 Miliar ke profit 12 Miliar melalui investasi reksa dana, hanya dalam kurun waktu 9 bulan. Diluar sana masih banyak lagi orang lain yang sudah sukses, dan meraup untung berkali-lipat saat melakukan invesment.

Apa itu Money Parenting?  

Money parenting buat  orang tua dan si buah hati
money parenting

Money parenting adalah proses pembelajaran dari anak mengenai cara bertanggung jawab akan sosial dan keuangan, saat mereka memiliki uang. Sebagai orang tua yang baik, tentu nya kita mesti memberi pembelajaran yang bakal menjadi bekal masa depan anak-anak kita nanti. Disitu lah kenapa orang tua disebut sebagai orang dewasa, agar nanti bisa membimbing anak mereka ke arah yang benar. 

Kalo kamu sudah memiliki anak, ato baru nikah dan sudah berencana punya momongan? Kamu wajib sih buat mengetahui akan hal ini. Biar nanti tidak kelabakan, serta mampu memberi didikan yang bagus ke anak-anak kamu nanti nya. Dengan adanya didikan yang bagus, mereka dapat menjadi mandiri dan mahir dalam mengelola keuangan sedari usia dini.

Kenapa mesti paham Money Parenting?

Ada banyak alasan kenapa kamu mesti paham betapa penting nya money parenting buat anak. Bukan cuma nanti manfaat akan didapatkan oleh buah hati, tetapi kamu sebagai orang tua bakal merasa bangga ketika melihat anak kamu jadi tidak boros dan sudah pandai dalam mengatur keuangan mereka sedari usia dini. Berikut alasan kenapa kamu mesti paham money parenting:

  1. Anak bertanggung jawab akan keuangan mereka
  2. Terbiasa mensisihkan uang sedari dini
  3. Mengerti dengan nilai perjuangan sebelum meraih hasil
  4. Sadar akan hal kecil yang bisa membawa dampak besar
  5. Tidak berlebihan saat sedang belanja
  6. Anak paham akan cara mengelola uang yang mereka miliki
  7. Mengajak teman buat tidak boros (sosial life positif)

Sangat positif yang bisa kalian, dan si buah hati dapatkan. Kalian juga bisa mendapatkan bantuan ahli dengan mengunjungi situs Eastspring Money Parenting.

Bagaimana pendapat orang tua mengenai money parenting?

pendapat orang tua mengenai money parenting
research pendapat orang tua

Melalui research yang dilakukan di berbagai 9 negara asia, sebanyak 96% orang tua sudah menyadari bahwa money parenting itu sangat penting. Akan tetap, hanya berkisar 25% saja dari orang tua yang merasa bahwa mereka bagus dalam hal memberi pembelajaran keuangan pada anak mereka. Jadi bisa kita simpulkan bahwa research ini mengatakan orang tua paham money parenting itu penting, tapi mereka sendiri belum merasa percaya diri dengan kemampuan mereka buat memberi lesson of money parenting.

Money Parenting bisa bikin anak dapat financial freedom?

meme alal layangan putus
meme ala layangan putus

Udah kea layangan putus aja nih, pake it's our dream xoxo XD. Nah kamu mesti tahu bahwa dengan menanamkan pendidikan financial ke anak, melalu money parenting bisa membuat anak kalian nanti memiliki masa depan yang baik. Buat menjawab apakah benar money parenting bisa menghantarkan anak mendapatkan kebebasan financial? Tentu saja, dengan didikan yang baik dan tepat sedari dini, akan membawa dampak baik pula bagi pertumbuhan anak mengenai cara mengelola keuangan tadi.

We are not just focused on investing, but also equally invested in and committed to the future of everyone: our clients, colleagues, partners, and community.

Seperti quote dari CEO Eastspring Investments, Bapak Wai-Kwong Seck mengatakan bahwa mereka tidak hanya fokus pada investasi, melainkan juga memberikan kesamaan pada investasi dan komitmen pada masa depan setiap orang: Klient mereka, teman, kerabat dan komunitas. Maka bisa dipastikan dengan belajar money parenting juga bakal memberi goals agar semua orang memiliki masa depan yang cerah.

Bagaimana cara menanamkan pendidikan keuangan pada anak?

Kita bisa melakukan pendidikan akan financial ini kepada anak sedari usia dini. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, oleh Cambridge University Study mengatakan bahwa "anak-anak sudah mampu menyerap konsep pada umur 3 tahun, dan pada umur 7 tahun, mereka sudah bisa untuk membiasakan diri dalam mengelola uang.” Jadi kita bisa tarik kesimpulan bahwa sebenarnya anak-anak yang berumur belia sudah bisa mengerti konsep. 

Bagaimana cara menanamkan pendidikan keuangan pada anak?
menanamkan financial eduaction
Bahkan, mereka sudah bisa dalam membiasakan diri buat mengelola keuangan. 

Simple nya kita bisa menekankan value dari perjuangan sebelum meraih sesuatu. Dengan memancing mereka buat menabung, ato membereskan kamar mereka, lalu nanti sebagai orang tua kita bisa memberi "reward" yang bakal mereka terima. Langkah sederhana ini akan membantu anak-anak menjadi paham bahwa ada "nilai" dari perjuagan, sebelum mereka meraih "goals" yang diinginkan.

Test Kepribadian cara tepat Anda mendidik tentang keuangan?

Test Kepribadian cara tepat Anda mendidik tentang keuangan
test gaya money parenting kamu
Memang semua nya ini tidak dapat dipungkiri, kalo setiap orang memiliki cara nya masing-masing dalam mendidik anak. Mungkin dari beberapa yang membaca artikel ini, sebenarnya masih bingung dengan gaya mendidik yang tepat bagi mereka, dan si buah hati. Lalu bagaimana solusi nya? Tenang aja, temen-temen bisa test kepribadian mengenai cara mendidik financial / keuangan pada anak

Test ini bersifat gratis, alias tidak dipungut biaya. Kalian bisa coba, dengan menakan link pada teks yang teratut diatas ya.

Penutup

Sekiranya sampai disini saja dulu kita diskusi mengenai investasi dan money parenting. Di dalam invesetasi dan money parenting akan membawa dampak yang bagus, baik untuk orang tua dan anak akan sama-sama merasakan manfaat nya. Mulai lah belajar investasi dan money parenting, apalagi kalo kalian adalah orang tua muda yang baru menikah. Agar kelak memiliki a great future, dan mendapatkan kebebasan financial dari invetasi dan money parenting tadi.


Related Posts

19 komentar

  1. Memang sih buat memperbaiki diri serta menjadikan hari lebih produktif, kita mesti belajar investment. Agar nanti para anak bisa menikmati jerih payah dari orang tua mereka yang sudah berjuang agar anak mereka bisa mendapatkan masa depan serta kehidupan yang baik pula.

    BalasHapus
  2. Ya mo bagaimana pun juga kita memang mesti memperhatikan masa depan anak sedari diini. Dengan seperti ini, kita bisa berusaha mengajarkan mengenai pendidikan finance yang bisa membuat anak-anak mendapatkan future yang bagus.

    BalasHapus
  3. Kalo mo dibilang penting ya pasti nya memang sangat lah penting. Apalagi sama hal yang berkaitan dengan anak, kalo sudah menjadi orang tua apa pun yang terbaik bagi anak pasti akan kita dukung.

    BalasHapus
  4. Mega Kurniawati18 Februari 2022 19.13

    Ya saya sangat setuju lah, nama nya orang tua pasti kita ingin yang terbaik. Dan terlebih, dengan mengajarkan hal positif sedari dini akan membawa dampak yang bagsu pula bagi anak kita nanti. Semacam investasi dan money parenting ini mah saya settttuju.

    BalasHapus
  5. Ya kalo mengenai pendidikan anak, memang mesti kita perhitungkan sedari jauh hari. BIar nanti ga kelabakan, kan kasihan kalo misal para anak kita sendiri yang bakal menanggung dari kemalasan orang tua. Belajar investasi dan money parenting wajib sih menurut saya secara pribadi. Bukan cuma buat anak kita doang, karena orang tau selaku orang dewasa yang investasi nya bakal menjadi orang yang bakal menikmati hasil dari investasi mereka sendiri sih. Saya bisa yakin, kalo orang diluar sana yang sudah memikirkan masalah pendidikan anak/cucu dari jauh hari, mungkin sudah bisa tidur lebih nyenyak ketimbang yang lain.

    BalasHapus
  6. Sebagai pelaku usaha menengah kebawah, saya juga memikirkan mengenai masa depan anak saya. Meski yang satu sudah tidak bisa disebut sebagai anak-anak lagi, karena memang sudah mauk SMA. Ya tapi ga ada salah nya juga buat diri saya memberi pelaajran finance ke dia. Meski cuma dari menabung, atau membiarkan dia menyimpan sedikit uang dari hasil saya beri ketika bantu jaga warung. Ya inti nya mah semampu kita aja kalau mau memberi pendidikan ke anak. Ga mesti mewah-mewah, toh setiap orang mempunyai kemampuan mereka masing-masing. Yang penting mah niat dan usaha nya yang perlu diutamakan.

    BalasHapus
  7. Shinda Musdalifah18 Februari 2022 22.35

    Masalah orang tua kadang tak jauh dengan masalah anak mereka sendiri. Karena ini lah kita mesti pahama mengenai money parenting. Biar bisa membuat hidup anak kita kedepannya nanti semakin baik lagi.

    BalasHapus
  8. Kalo sudah menyangkut hak anak, ya kita mesti utamakan. Karena memang si buah hati adalah hal yang sangat penting untuk kita pikirkan.

    BalasHapus
  9. Karena kepedulian masa depan, ya kita mesti investasi. Yang paling mudah si spt nya ya membeli rumah. Karena bukan rahasisa umum lagi kalau kita beli rumah ditengah kota, harga tanah nya pun semakin lama bakal menjadi semakin mahal. Kalo punya uang lebih sih ya mending invest ke rumah udah paling bagus. Selain kita bisa tinggal disana, dan ya masih banyak hal yang bisa kita lakuin. Bisa juga jadi tempat berteduh kalau lagi dikota, buat para orang tua yang sedang memang daerah tinnggal nya dikabupaten/luar kota.

    BalasHapus
  10. Kalo masalah ini, saya juga sudah mencoba buat mengajarkan pada keponakan saya sendiri. Pasal nya ya ga terlepas dari money parenting itu sendiri. Saya yakin sih dikalangan saya secara pribadi, masih sangat minim para orang tua yang mengerti akan hal ini. Supaya bisa menyebar dan memberikan kebaikan, ya saya harus memulai dari lingkungan kelusrga lebih dulu. Terlebih bulan desember lalu, keponakan saya baru saja menikah. Nama nya anak muda ya pasti mesti kita bimbing, meski status beliau sekarang bukan lagi bujangan. Kalau misal ada benar pelatihan di real life, spt nya bagus sih buat para anak muda. Bukan cuma buat yang sudah menikah, akan tetapi para anak muda uang belum menikah saya rasa juga sangat perlu memahami money parenting ini. Agar nanti pas sudah menikah mereka ga kelabakan cara mengurus anak, serta mengenai masalah finance yang sering ditemui oleh keluarga baru. Saya setuju dengan konsep memberi pendidikan maslaah keuangan ini. Yang menjadi perhatian lainnya adalaha apakah ada nih dari pihak pemerintah / swasta yang bakal benar-benar memberi pelatihan secara gratis ke para orang tua muda / anak muda? Semoga bisa tersosialisasikan dengan baik dan bukan cuma menargetkan para orang tua. Tapi anak muda juga mendapatkan pelatihan yang sama.

    BalasHapus
  11. Kalau diberikan pelatihan dengan cara yang emnarik dan dikemas dengan cara dan gaya yang baik, saya pikir bakal banyak peminat dari anak muda. Sebagai orang yang baru menikah para anaka muda pasti mau juga buat belajar money parenting. Tapi masslah nya gengsi tadi, mungkin kalo misal ada platform yang mampu memberi cara pelatihan yang lebih kekinian, dan lebih ke anak muda. Peminat nya bisa dijamin sih pasti bakal banyak dri anak muda.

    BalasHapus
  12. Subagio Iswandi20 Februari 2022 12.07

    Menikah bukan lagi tentang aku dan dia. Tapi, kita sudah memiliki fokus yang jauh lebih penting dan harus kita pahami. Seperti money parenting yang bakal bikin kita jadi mengetahui arah bagaimana cara mendidik anak mengenai keuangan? Ya money parenting adalah solusi nya. Masalah baru yang mungkin sudah timbul adalah masih kurang nya sosialiasi mengenai money parenting ini sendiri. Saya sendiri sebagai orang tua tahu dengan apa itu money parenting? Karena dari internet. Bukan merupakan sosialisasi yang didapatkan di real life. Nah maka nya dari sini mungkin kalo ada lembaga dari money parenting sendiri yang resmi, ada baik nya melakukan sosialiasi secara langsung dikehidupan nyata. Meski kita ga boleh harus selalu minta di"suapin", ya akan tetapi kan kita mesti mendapatkan info nya leibh dahulu. Bakal lebih bagus kalo ada pelatihan di dunia nyata nya, bukan cuma sekedar pelatihan dari kelas online. Semoga suara dan masukan saya mengenai money parenting ini bisa didengar, dan dibaca, terima kasih.

    BalasHapus
  13. Hidup sebagai orang tua, menjadikan anak sebagai tujuan hidup memang lah lumrah. Ada baiknya nih kita belajar money parenting juga, biar lebih terarah cara mendidik anak dengan baik.

    BalasHapus
  14. Sudiman Wahyudi20 Februari 2022 19.38

    Memiliki masa depan yang cerah tentu merupakan mimpi dari semua orang. Dari money parenting ini, mungkin bisa membuat kita lebih tenang lagi. Karena ga mungkin bakal kerja secara terus menerus, dan dari money parenting bisa menjadi solusi agar anak-anak sudah pandai dalam mengatur keuangan nya nanti.

    BalasHapus
  15. Anak akan menjadi tujuan yang baik demi masa depan, karena mereka memiilki banyak waktu /perjalanan hidup yang lebih panjang lagi kedepannnya. Oleh karena itu, lebih baik belajar investasi dan money parenting biar memiliki future yang cerah.

    BalasHapus
  16. Memberi dengan sepenuh hati demi anakk yang akan dibesarkan. Penting sih buat belajar money parenting, dan memberi education ke anak.

    BalasHapus
  17. Kalo ga ada internet, mungkin saya ga bakal tahu apa itu money parenting? Nah yang menjadi permasalahannya adalah gimana supaya orang bisa mengerti dengan apa itu money parenting tanpa akses internet. Karena ya saya rasa ga semua orang suka buka internet. Apalagi yang tinggal dikampung seperti saya ini, kebanyakan orang tua memakai hape cuma buat telpon saja. This problem needs solution, dan perlu sosialisasi secara offline pada orang tua agar mereka jadi mengerti juga.

    BalasHapus
  18. Angga Putra Pratama21 Februari 2022 09.38

    Memahami konsep dari money parenting, dan bisa mengajarkan pada anak sudah menjadi aktifitas produktif yang dapat para orang tua lakukan.

    BalasHapus
  19. Menjadikan anak sebagai tujuan, agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik adalah cita-cita dari semua orang tua. Tapi, mengajarkan money parenting aku yakin hanya sedikit orang tua yang ssudah melakukan hal ini. Bukan karena mereka ga mau, melainkan tidak memahami dengan apa yang dimaksud dengan money parenting? Teruntuk ini lah kita mesti jeli menjadi orang tua. Biar bisa menambah ilmu dan pengetahuan, sserta mendalami peran orang tua sebagai pendidik pertama anak yang masih butuh banyak bimbimngan.

    BalasHapus

Posting Komentar